Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Implementasikan Kurma, K3S SD dan MKKS SMP Bireuen Gelar Workshop Penyusunan Modul Ajar

humannesia.com / BIREUEN - Dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka (Kurma), kelompok kerja kepala sekolah (K3S) SD dan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bireuen menggelar kegiatan in-on-in tahun 2023.

MKKS Bireuen

Kegiatan ini berlangsung di sekreretariat K3S SD bertampat di SD Negeri 7 Gandapura, Rabu (8/2/2023).

Koordinator Pengawas Daerah Kabupaten Bireuen, Mukhtar SPd kepada media ini mengatakan, kegiatan in-on-in merupakan implementasi kurikulum merdeka kerjasama antara  pengawas sekolah dengan K3S SD dan MKKS SMP se-Kabupaten Bireuen.

"Kegiatan ini dilaksanakan mulai awal Februari hingga akhir Mei 2023 di semua sekolah jenjang TK, SD dan SMP yang dipusatkan pada sekretariat kelompok kerja kepala sekokah tiap kecamatan," kata Mukhtar.

Dikatakan, jenjang SD dan SMP lokasinya dipusatkan pada sub rayon agar memudahkan koordinasi.

Disampaikannya, sehubungan akan dimulainya penerapan implementasi kurikukum merdeka (IKM) level 2 (mandiri berubah) untuk semua sekolah di Kabupaten Bireuen mulai serentak pada ajaran baru tahun 2023/2024.

"Maka perlu diberikan pendampingan dan pembinaan oleh pengawas sekolah terhadap sekolah-sekokah sejak mulai pendaftaran sampai dengan dimulainya pembelajan di awal semester nanti," ucap Muhktar.

Sementara nara sumber dari pengawas pembina, Lusi Tetrasari MPd menjelaskan, kegiatan ini adalah tentang sosialisasi modul ajar, penguatan profil pelajar Pancasila (P3).

Kemudian model pembelajaran, asesmen, penyusunan modul ajar, presentasi, peer teaching dan praktek mengajar.

"Total keseluruhan jumlah waktunya harus memenuhi 88 jam pelajaran, sehingga dituntut keseriusan dalam pendalaman materi," sebut Lusi.

Ditambahkannya, semua guru sasaran yang akan diberikan pendampingan pada kegiatan workshop ini, guru SD berjumlah 450 orang dan guru SMP 200 orang.(*)

Penulis : Baihaki