Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Balai Tekkomdik Aceh Gelar Pelatihan Lanjutan TIK bagi Guru Jenjang SMA

humannesia.com / BANDA ACEH - UPTD Balai  Tekkomdik (Teknologi Komunikasi Pendidikan) Dinas Pendidikan Aceh menggelar pelatihan peningkatan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lanjutan bagi pendidik jenjang SMA se-Aceh.

Tekkomdik Aceh SMA

Acara yang diikuti perwakilan guru SMA dari 23 kabupaten/kota itu berlangsung dari tanggal 11 sampai 14 Septembee 2023 di Hotel Diana Kota Banda Aceh.

Ketua panitia yang juga Kepala UPTD Balai Tekkomdik Disdik Aceh, T Fariyal SSos MM dalam laporannya saat membuka acara, Selasa (12/9/2023) menyampaikan, pelatihan ini diikuti oleh 60 orang guru SMA se-Aceh dibagi dalam dua gelombang.

"Kegiatan pelatihan peningkatan TIK kali ini dikhususukan bagi pendidik tingkat basic dengan tujuan meningkatkan kemampuan bagi pendidik dalam mengembangkan metode pembelajaran berbasis platform teknologi pendidikan" ujarnya.

Fariyal menyampaikan, kegiatan tersebut sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) yang tercantum dalam daftar pelaksanaan anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Aceh tahun 2023.

Plh Kadisdik Aceh, Dr Asbaruddin MEng dalam sambutannya mengatakan, guru yang inovatif memiliki karakteristik spesial membedakan mereka dengan orang lain dibidangnya.

"Dalam Permendiknas RI nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetenai guru meliputi, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi ini dinamis mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Asbaruddin menyampaikan, guru dituntut harus mampu memanfaatkan aplikasi sistem pembelajaran terbaru dengan menerapkan konsep e-learning, pembuatan vidio pembelajaran bisa disuguhkan dengan kreatif dan inovatif agar pembelajaran bisa menarik.

"Manfaat pembelajaran TIK ini antara lain, informasi semakin cepat diperoleh dan diakses, lahirnya inovasi e-learning membuat pembelajaran semakin berkembang dan terjadinya kesetaraan ilmu sebagaimana yang dimiliki oleh para siswa di negara maju," ucap Asbaruddin.(***)

Penulis : Baihaki