Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Turki Berduka, OSIS SMKN 1 Panga Galang Dana

humannesia.com / ACEH JAYA - Korban jiwa akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah terus bertambah, data terbaru sudah melebihi 12.000 orang meninggal dunia.

Musibah tersebut telah menggugah rasa keprihatinan dan kepedulian dari berbagai negara dan daerah, termasuk salah satunya dari masyarakat yang berada di provinsi Aceh.

Rasa empati dan bantuan yang luar biasa dikucurkan oleh masyarakat Turki saat Aceh dilanda gempa dan tsunami belasan tahun yang lalu, menjadi bukti bahwa masyarakat Turki sangat peduli terhadap Aceh.

Kini, mereka sedang mengalami hal yang sama, masyarakat Aceh saat ini ikut berduka dan terus menggalang dana demi meringankan beban saudaranya, salah satunya yang dilakukan oleh keluarga besar SMK Negeri 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya.

Selain, bantuan dari warga sekolah siswa SMK Negeri 1 Panga yang tergabung dalam OSIS juga melakukan penggalangan dana dari pihak luar sekolah, Kamis (9/2/2023).

Waka Kesiswaan Masril M. Pd mengatakan bahwa Negara Turki merupakan salah satu negara yang sangat banyak membantu Negara Indonesia, khususnya Aceh pasca Tsunami 26 Desember 2004 silam.

" Ini wujud keprihatinan dan bentuk kepedulian kami atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Turki" ujarnya.

Dana yang terkumpul berjumlah Rp 2.035.000, bantuan uang tunai yang terkumpul ini berasal dari dewan guru, siswa serta warga seputaran Kecamatan Panga.

"Dana tersebut akan kami serahkan ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya melalui MKKS SMK Aceh Jaya guna tersalurkan secara langsung ke Turki " tutup Masril.

Kepala SMK Negeri 1 Panga Zul Asral S..Pd mengapreasiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh siswanya, khususnya anggota OSIS yang telah menunjukkan kepeduliannya atas musibah yang dialami korban gempa di Negara Turki.

Pihaknya juga berharap kepada seluruh warga sekolah untuk terus menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama.

" Saudara kita para korban yang sedang tertimpa musibah sangat membutuhkan uluran tangan dari kita semua, sehingga dapat mengurangi sedikit beban yang diderita oleh korban gempa saat ini ’’ pesannya.

Selain itu, Zul Asral juga mengucapkan terima kasih kepada Polsek dan Koramil serta warga Panga yang telah ikut memberikan dukungan dan bantuan secara ikhlas dan sukarela. 

Sementara, Ketua OSIS Lukfi Auli mengatakan bahwa mereka sangat bangga bersekolah di SMK Negeri 1 Panga, karena mereka tidak hanya dibekali ilmu pembelajaran, tetapi juga ilmu tentang peduli antar sesama baik di dalam maupun luar negeri.

"Kegiatan seperti ini sudah menjadi kebiasaan kami lakukan, karena sejak kelas X kami sudah diikutsertakan oleh pengurus OSIS sebelumnya" tutup lukfi.

Kontributor : Teuku Julizal