Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemdikbud Kembali Buka Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 4, Ini Syaratnya!

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian dan Kebudayaan kembali membuka rekrutmen Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4, Tujuannya adalah untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas   belajar   bagi   guru   di   sekolah   dan   di   wilayahnya   serta   menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Kemdikbud Kembali Buka Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 4, Ini Syaratnya!
Dirjen GTK : Iwan Syahril

Sasaran Pelaksanaan PGP angkatan 4 direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2021 selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh  instruktur,   fasilitator  dan  pengajar  praktik  (pendamping)  selama  proses  pendidikan PGP  Angkatan  4  diawali  dengan  pelaksanaan  rekrutmen  calon  guru  penggerak  dan pengajar praktik melalui tahapan-tahapan seleksi.

Sehubungan  dengan  hal  tersebut,   Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan menginformasikan  beberapa  hal  terkait  sebagai berikut :

1.  Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 4 sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Sasaran calon pengajar praktik angkatan 4 sejumlah 1.600 orang.

2.  Selama pendidikan guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing- masing.

3.  Proses rekrutmen calon guru penggerak dan pengajar praktik Pendidikan Guru Penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

a.  Tahapan rekrutmen calon guru penggerak

tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, esai, serta tes bakat skolastik; 

tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 23 Maret – 24 April 2021.

b.  Tahapan rekrutmen calon pengajar praktik (pendamping)

tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan esai;

tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara. tahap 3 : pembekalan

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 23 Maret – 24 April 2021.

4.  Tim rekrutmen calon Guru Penggerak dan calon Pengajar Praktik adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

5. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dan calon pengajar praktik (pendamping) Pendidikan Guru Penggerak dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman:

https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Informasi ini dapat disampaikan kepada para guru-guru, kepala sekolah, praktisi  pendidikan   untuk  mengikuti  proses  rekrutmen  dan seleksi calon guru penggerak dan calon pengajar praktik Pendidikan Guru Penggerak. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui alamat surel :

guru.penggerak@kemendikbud.go.id.

Semoga informasi ini bermanfaat !