Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Realistig SMA Negeri 3 Banda Aceh Berakhir, MTsN Banda Aceh Juara Umum, SMAN 10 Farhan Raih Piala Tetap

humannesia.com / BANDA ACEH. SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh berhasil meraih piala tetap setelah tiga tahun meraih juara umum pada kegiatan Religion Art Language Science and Sport in Smantig (Reaslistig) ke-V tahun 2023.

Realistig ke-V dilaksanakan oleh SMA Negeri 3 Banda Aceh mulai tanggal 29 Agustus sampai 2 September 2023 yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP MSi.

Kegiatan itu ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni MPd pada Sabtu malam (2/9/2023).

Kepala SMA Negeri 3 Banda Aceh, Muhibbul Khibri MPd dalam laporannya menyampaikan, Realistig ke-V ini diikuti oleh siswa jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dari berbagai sekolah atau madrasah yang ada di Aceh.

Adapun jenis cabang lomba yang diperlombakan di semua jenjang SMP/MTs dan SMA/MA adalah MTQ, Tahfidz Qur'an, Syahril Qur'an, Nasyid Acapella, Cerdas Cermat Agama, cabang lomba SEC (Smantig Essay Competition).

Kemudian cabang lomba SOLCOM (Smantig Olympic Competition) meliputi bidang Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika serta cabang lomba SAC (Smantig Art Competition) meliputi Ratoeh Jaroe, Vokal Solo, SMPC (Smantig Musical Poetry Competition) dan Rapa'i Geleng.

Selanjutnya tingkat umum memperlombakan Short Movie dan Fotografi, serta berbagai cabang lomba lainnya yang diikuti putra dan putri maupun berkelompok pada semua jenjang.

"Selamat kepada peraih juara satu, dua dan tiga bagi pelajar SMP/MTs dan SMA/MA pada Realistig ke-V tahum 2023 ini terkhusus kepada juara umum MTsN 1 Banda Aceh dan SMA Negeri 10 Fajar Harapan," ucap Muhibbul.

Sementara Syarwan Joni Kacabdisdik Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar yang mewakili Kadisdik Aceh menyampaikan, selamat dan sukses atas perhelatan Realistig ke-V ini.

"Tujuan Realistig ini adalah untuk melahirkan siswa berprestasi di bidang agama, seni, bahasa, ilmu pengetahuan dan olahraga serta yang utama adalah menciptakan generasi berakhakul karimah," ujar Syarwan.

Juara umum Realistig ke-V diraih oleh SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh sekaligus mampu meraih piala tetap dengan perolehan juara 1 Nasyid Acapella, juara 1 SMPC, juara 1 SEC, juara 1 2 SFT, juara 3 English Debate, juara 3 Spech dan juara 3 Vokal Solo.

Sementara MTsN 1 Banda Aceh meraih juara umum jenjang SMP/MTs dengan perolehan, juara 1 Solcom Matematika, juara 1 Solcom Biologi, juara 2 Solcom Bahasa Inggris, juara 2 Solcom Fisika, juara 2 Solcom Matematika, juara 2 Story Telling, juara 2 MTQ Putra, juara 2 MTQ Putri, juara 2 Tahfidz, juara 3 Spech dan harapan 1 Tahfidz.(*)


Penulis : Baihaki