Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambut Tahun Baru Hijriah, Guru dan Ratusan Siswa MAN 4 Aceh Selatan Gelar Pawai Keliling

humannesia.com / Tapaktuan - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muhararram 1445 Hijriah, guru dan ratusan siswa meggelar pawai keliling, Rabu (19/7/2023).

Tahun Baru Islam 1 Muharram Tapaktuan

Pantauan dari media ini, pawai keliling itu memakai pakaian hitam dengan berjalan kaki dari pukul 08.30 hingga 10.00 WIB mengambil rute dari halaman madrasah yang berlokasi di Gampong Simpang Empat mengelilingi Kotafajar sebagai ibu kota Kecamatan Kluet Utara.

Barisan depan terlihat group Marching Band, tak lupa peserta didik pun dengan semangat mengiringi lantunan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW sepanjang perjalanan.

Kepala MAN 4 Aceh Selatan, Khairul Amizar SAg mengatakan, pawai kelililing ini bukan saja diikuti keluarga besar MAN 4 Aceh Selatan, tapi ikut serta puluhan guru dan ratusan murid MIN 25 Aceh Selatan atau MIN Simpang Empat.

"Dalam momentum 1 Muharram 1445 H ini, diharapkan dapat mengambil hikmah dari kisah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah," kata Khairul.

Terlebih lagi untuk meningkatkan semangat hijrah ke arah yang lebih baik menuju insan berkualitas.

Dikatakannya, sebagai sekolah bernuansa Islami, kita madrasah sepatutnya bergembira merayakan tahun baru hijriah. 

Pawai ini salah satu syiar Islam untuk diambil pelajarannya dari kisah Nabi Muhammad SAW ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah. 

"Perjuangan Rasulullah SAW dan sahabatnya selama perjalanan itu menjadi makna tahun baru yang hendaknya diresapi sebagai pelajaran hidup bagi umat manusia,” tutur Khairul.

Lebih kanjut Kepala MAN 4 Aceh Selatan tak lupa menyampaikan terima kasih atas antusias para peserta didik dan civitas madrasah yang telah ikut memeriahkan pawai Hijratul Rasul untuk menyambut tahun baru Islam 1445 H.

Menurutnya, pawai tersebut merupakan tradisi tahunan sejak dulu yang hingga kini masih terus dipertahankan dengan tujuan antara lain, memperkuat ukhuwah silaturahim dan meningkatkan kepedulian antar sesama.

“Selamat Tahun Baru 1445 H, terima kasih kepada dewan guru MAN 4 dan MIN 25 Aceh Selatan serta anak-anakku semua atas antusiasnya memeriahkan peringatan 1 Muharram ini," ucapnya.

Bulan Muharram adalah bulan yang spesial karena bulan pembuka dalam kalender Hijriah sekaligus mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan optimisme yang tinggi dari yang baik ke arah lebih baik lagi. 

"Mari kita jadikan hikmah hijrah ini sebagai moment perubahan menuju pribadi yang berkualitas dan berakhlaqul karimah,” ungkap Khairul. (***)

Penulis : Baihaki