Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanya Jawab Seputar Kurikulum Merdeka

humannesia.com / JAKARTA - Kehadiran Kurikulum Merdeka diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, namun masih banyak insan pendidikan yang belum memahami secara detail tentang implementasi kurikulum tersebut.

Tanya Jawab Kurikulum Merdeka

Pemerintah harus inten melakukan  sosialisasi kepada para pendidik dan pihak terkait lainnya, agar kurikulum merdeka benar - benar berjalan sesuai harapan.

Selain itu, kita Sebagai insan pendidikan juga harus ikut andil membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan berbagai media.

Atas dasar tersebut, berikut kami bagikan seputar tanya jawab tentang kurikulum merdeka

Mengapa Kurikulum Merdeka tidak diwajibkan untuk semua sekolah dan hanya dijadikan opsi?

Kemendikbudristek ingin menegaskan bahwa sekolah memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah. 

Pemerintah mengemban tugas untuk menyusun kerangka kurikulum. Sedangkan, operasionalisasinya, bagaimana kurikulum tersebut diterapkan, merupakan tugas sekolah dan otonomi bagi guru. 

Sehingga, kurikulum antar sekolah bisa dan seharusnya berbeda, sesuai dengan karakteristik murid dan kondisi sekolah, dengan tetap mengacu pada kerangka kurikulum yang sama.

Dengan kebijakan opsi kurikulum ini, diharapkan proses perubahan kurikulum nasional dapat terjadi secara lancar dan bertahap. 

Sebab, proses perubahan kerangka kurikulum membutuhkan pengelolaan yang cermat agar menghasilkan dampak perbaikan kualitas pembelajaran dan pendidikan di Indonesia.

Apa kriteria sekolah yang dapat menerapkan Kurikulum Merdeka?

Semua sekolah yang berminat, dapat menerapkan Kurikulum Merdeka untuk memperbaiki pembelajaran

Bagaimana cara sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka?

Beberapa langkah yang dapat dilakukan kepala sekolah/madrasah jika ingin menerapkan Kurikulum Merdeka:

Mempelajari materi yang disiapkan untuk kemudian memutuskan apakah Kurikulum Merdeka akan diterapkan atau tidak. Informasi lebih lanjut terkait Implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilihat di sini

Kepala sekolah melakukan pendaftaran melalui laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ dan klik Daftar Sekarang di bagian bawah laman tersebut.

Perlu dipahami, proses yang dilakukan adalah melalui pendaftaran dan pendataan, bukan seleksi. Kurikulum Merdeka dapat diterapkan di semua sekolah/madrasah tanpa terkecuali.

Survei yang dilakukan tersebut akan dijadikan acuan untuk melakukan pemetaan tingkat kesiapan sekolah agar pemerintah dapat menyiapkan bantuan sesuai kebutuhan.

Apakah ada perubahan jam pelajaran pada penerapan Kurikulum Merdeka?

Tidak ada perubahan total jam pelajaran. Hanya saja, jam pelajaran (JP) untuk setiap mata pelajaran dialokasikan untuk 2 kegiatan pembelajaran: 

1) pembelajaran intrakurikuler, dan 

2) pembelajaran kokurikuler.

Jika menghitung JP kegiatan belajar rutin di kelas (intrakurikuler) saja, memang seolah-olah JP-nya berkurang dibandingkan dengan K13. Namun, selisih JP tersebut akan dialokasikan untuk pembelajaran kokurikuler.

Bagaimana cara menghubungi pusat bantuan apabila saya ingin bertanya tentang Implementasi Kurikulum Merdeka?

Silakan hubungi nomor Whatsapp 081281435091

Info!

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Kurikulum Merdeka, dapat melihat dokumen Tanya-Jawab Seputar Kurikulum Merdeka di tautan ini. 

Sumber : Kurikulum Merdeka