Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMKN 1 Darul Hikmah Raih Juara 3 LKS Tingkat Provinsi Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Darul Hikmah Aceh Jaya kembali meraih prestasi pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jenjang SMK tingkat provinsi Aceh yang digelar di Banda Aceh pada tanggal 27-30 Juli 2022.

SMKN 1 Darul Hikmah

Siswa SMKN 1 Darul Hikmah atas nama Aminah dan Andika Agustiawan berhasil keluar sebagai juara 3 bidang mata lomba Landscape dan Pertamanan, hal itu diperoleh dari hasil lomba yang dibacakan oleh ketua dewan juri pada saat penutupan, Sabtu (30/7/2022).

Pada LKS tahun 2021 yang lalu, siswa SMK Negeri 1 Darul Hikmah juga pernah meraih prestasi, kala itu siswa atas nama Irfandi berhasil meraih juara II bidang lomba Cabinet Making.

Baca : Siswa SMKN 1 Darul Hikmah Raih Juara II LKS Provinsi Aceh Tahun 2021

Kepala SMKN 1 Darul Hikmah Aiyub, S.Pd merasa bersyukur atas prestasi yang diraih oleh siswanya

"Alhamdulillah, siswa kami berhasil meraih juara 3, ini merupakan hasil kerja keras bersama, siswa dan guru, termasuk dukungan orang tua dan masyarakat" ujarnya

Aiyub juga menjelaskan bahwa Lomba Landscape dan Pertamanan diikuti oleh 9 SMK Pertanian se-Aceh.

Siswa SMKN 1 Darul Hikmah tambah Aiyub, selain mempunyai kompetensi mendesain taman, juga sudah mampu membudidaya tanaman melon dan kembang kol, hasil produksi selama ini sudah dinikmati oleh masyarakat baik di Darul Hikmah maupun daerah lainnya.

"Insya Allah kalau sudah lahir regulasi BLUD, kami akan menambah volume produksi" janjinya 

Untuk menambah kompetensi siswa, pihak sekolah juga akan mengirimkan siswanya mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di BBH Saree selama 3 bulan, dengan harapan setelah lulus nanti dapat diterima dan mampu bekerja di DUDI maupun berwira usaha.

Keberhasilan siswa SMKN 1 Darul Hikmah memperoleh juara 3, juga diapresiasi oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya dan para kepala sekolah Aceh Jaya, apalagi dari seluruh perwakilan SMK se-Aceh Jaya yang dikirim mewakili Aceh Jaya pada LKS tingkat provinsi Aceh tahun ini, hanya SMKN 1 Darul Hikmah satu-satunya yang berhasil membawa pulang juara.

Sementara, guru pendamping Suparti Lubis, S.Pd menjelaskan bahwa sebelum mengikuti lomba, siswanya sangat aktif belajar

"Mereka jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri untuk mengikuti lomba, dengan belajar dan praktek langsong" ucapnya

Hasil lomba tersebut menurut Suparti , akan menjadi pengalaman berharga dan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kompetensi siswanya, sehingga kedepan prestasi siswa dapat meningkat.

Hasil LKS SMKN 1 DARUL HIKMAH
Foto Hasil Kerja Siswa SMKN 1 Darul Hikmah pada LKS tingkat provinsi Aceh tahun 2022

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jenjang SMK Tingkat Provinsi Aceh resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri, MM, Sabtu (30/7/2022)

Dalam kompetisi itu, Banda Aceh berhasil keluar sebagai juara umum.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 27 Juli 2022 memperlombakan hingga 20 cabang lomba.

Kegiatan dilaksanakan di beberapa sekolah yaitu, SMKN 1, 2, 3 dan 4 Kota Banda Aceh, serta SMK Farmasi Cut Mutia Banda Aceh dan SMKN 1 Al Mubarkeya Aceh Besar.

Dalam penutupan yang turut dihadiri oleh Tim Kerja Pj Gubernur Aceh, Syardani M Syarif serta pejabat struktural dan kepala cabang dinas Pendidikan Aceh, Alhudri mengucapkan selamat kepada para pemenang yang telah terpilih di tingkat provinsi dalam LKS Jenjang SMK Tahun 2022.

Alhudri meminta agar para pemenang mempersiapkan diri untuk perlombaan pada tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Oktober nanti.

“Selamat kepada para pemenang yang telah terpilih. Selamat juga kami sampaikan pada Kota Banda Aceh yang berhasil meraih juara umum pada LKS jenjang SMK ini,” kata Alhudri.

Kepada peserta yang belum mendapatkan juara, Alhudri menuturkan bahwa LKS adalah ajang kompetisi antar siswa SMK seluruh Aceh. Oleh karena itu, katanya menang atau kalah adalah hal biasa maka jangan pernah patah semangat, apalagi berkecil hati.

“Anak-anak ku semua harus terus berusaha untuk lebih baik dalam mengukir prestasi,” pesan AlhudriAlhudri menuturkan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh senantiasa memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan kebutuhan dunia usaha/industri yang saat ini memasuki revolusi industri 4.0.

Peserta didik diajarkan agar dapat meraih prestasi setinggi-tingginya. Sehingga siap kerja sesuai keterampilan yang dipersyaratkan di pasar kerja dalam maupun di luar negeri

Peserta didik SMK yang bertalenta perlu didukung agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Tidak hanya memiliki karakter kerja yang baik namun juga memiliki kompetensi sesuai standar kompetensi nasional maupun internasional

Untuk itu, proses pendidikan dan pelatihan di SMK semakin diperlukan kerjasama dan kemitraan yang lebih erat dengan dunia usaha/dunia industri.