Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMKN 1 Sabang Magangkan Siswanya ke Jepang, Ini Tanggapan Kadisdik Aceh

humannesia.com / SABANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sabang memberangkatkan 10 orang siswanya untuk magang ke Jepang bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Sending Organization (SO).
SMK Sabang ke Jepang


10 orang siswa SMK Negeri 1 Sabang saat ini sudah tiba di Stabat Sumatera Utara diantarkan langsung oleh kepala sekolahnya, pada Kamis (6/6/2024).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Marthunis ST DEA menanggapi siswa SMK Negeri 1 Sabang yang magang ke Jepang, pada Sabtu (8/6) menyampaikan, ini adalah kesempatan bagi siswa SMK mendapatkan kesempatan belajar langsung dari negara maju dengan etos kerja yang tinggi.

"Serap semua hal yang positif selama magang di Jepang. Namun tetap pegang teguh jati diri yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah serta terampil," ujar Marthunis.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas (Kacabdisdik) Wilayah Sabang, Dr Mohd Iqbal MSi mengucapkan, terima kasih kepada Pj Gubernur Aceh yang telah memberi semangat untuk meningkatkan kualitasi mutu pendidikan di Aceh.

"Terima kasih juga kami sampaikan khususnya kepada Kadisdik Aceh yang selalu memberikan arahan teknis dan bimbingan akan nilai-nilai perilaku ASN yang bersih, bermoral dan melayani sepenuh hati," ujar Iqbal.

Katanya, hal itu merupakan perwujudan akhlak khalifah di muka bumi ini, kegiatan itu adalah wujud kerja sama dari berbagai pihak.

Iqbal menjelaskan, ini sejarah bagi Sabang dan wujud peningkatan kualitas mutu pendidikan di Aceh pada umumnya, bagaimana tidak walaupun Sabang adalah daerah kepulauan tapi anak-anaknya mampu bersaing secara international.

"Program ini adalah bentuk terjadinya pemerataan kualitas mutu pendidikan di Aceh dan SMK Negeri 1 Sabang mampu bekerja sama secara international untuk menggerakkan potensi kewilayahannya," ungkap Iqbal.

Sehingga ujarnya, mampu  menggerakkan sektor ekonomi, meningkatkan pendapatan dan akhirnya menurunkan angka kemiskinan dan inflasi.

Iqbal menambahkan, dalam waktu dekat ini kami juga sedang melakukan bina komunikasi dengan lembaga international Australia dan BUMN, guna mendukung menggerakkan sektor pendidikan di Wilayah Sabang.

Sedangkan Kepala SMK Negeri 1 Sabang, Dra Yismiati MPd menuturkan, kegiatan magang luar negeri merupakan salah satu program kegiatan SMK Pusat Keunggulan (PK).

"Jepang merupakan negara tujuan untuk magang luar negeri. Untuk kelancaran kegiatan tersebut, SMK Negeri 1 Sabang bekerja sama dengan LPK-SO Japan Indo Perkasa melakukan kegiatan pra-magang bahasa, karakter dan budaya  Jepang yang dilaksanakan di Medan selama 3 bulan," ungkap Yusmiati.

Disebutkannya, kegiatan magang ini diikuti sebanyak 10 siswa dari berbagai jurusan. Selanjutnya setelah selesai pra-magang mereka akan diberangkatkan ke Negeri Sakura sesuai jadwal dan bidang pekerjaannya.

"Di Stabat Sumatera Utara siswa magang terlebih dahulu belajar Bahasa Jepang. Program ini dibiayai oleh Kemdikbudristek bagi SMK Pusat Keunggulan," ucap Yusmiana.(***)

Kontributor : Baihaqi