Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

USK Masuk 10 Besar Universitas Terbaik Indonesia, Berikut Urutannya !

humannesia.com / WebometricsRanking of World Universities (Webometrics) kembali merilis dan mengumumkan peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia termasuk Indonesia.

Rangking Universitas di Indonesia

Ada sekitar 31 ribu kampus yang dinilai di seluruh dunia, baik negeri maupun swasta.

Webometrics, menyebutkan ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi.Yaitu impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence.

Pengumuman pemeringkatan Webometrics dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada edisi Januari dan Juli.

Hasil perangkingan tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan pilihan calon mahasiswa, apalagi hanya tinggal menghitung beberapa pekan lagi, siswa SMA SMK kelas 12 akan diarahkan untuk segera mengisi data sekolah dan memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan harapan dan impian mereka.

Hal tersebut bertujuan untuk kelengkapan data bagi yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi setelah lulus nanti.

Terdapat banyak kampus dan universitas yang dapat dipilih di seluruh Indonesia, baik di daerah sendiri maupun daerah luar, sesuai dengan tujuan dan keinginan.

Bagi siswa Aceh sendiri, terdapat banyak kampus yang saat ini memiliki akreditasi yang sangat baik, dan menyebar diberbagai kabupaten/kota se-Aceh.

Aceh sendiri merupakan ibu kota paling barat dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia

Menariknya, selain disebut sebagai Serambi Mekkah, Aceh adalah salah satu provinsi yang punya status istimewa serta diberikan otonomi khusus oleh pemerintah republik Indonesia.

Keistimewaan dan daerah otonomi khusus yang dimiliki Aceh berlatar belakang pada sejarah yang tak ingin ditinggalkan warganya serta kekhususan penerapan syariat Islam dalam menjalankan sistem pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Meski diatur sebagai daerah otonomi khusus, namun Aceh juga banyak memiliki kampus dan universitas tersebar di provinsi ini.

Bahkan salah satu kampus di Aceh tak kalah terbaik dalam peringkat top ranking Indonesia dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya di berbagai wilayah Indonesia.

Bahkan, ada universitas di Aceh yang masuk 10 besar universitas terbaik top rangking Indonesia dalam versi Webometrics.

Lalu, universitas manakah yang terpilih di Aceh yang masuk top ranking universitas terbaik Indonesia dan ada di urutan peringkat berapa ?

Dalam pengumuman Webometrics edisi Juli 2022, Universitas Indonesia (UI) menempati ranking pertama di Indonesia. UI menempati peringkat 603 dunia. Peringkat kedua ditempati oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 696 dunia. Universita Brawijaya menempati ranking ketiga, dengan peringkat dunia di urutan 914.

Sementara, Universitas Syiah Kuala (USK) yang merupakan universitas tertua di Aceh berada pada posisi 8 di Indonesia dan menempati urutan 1228 peringkat terbaik dunia.

Berikut secara lengkap daftar rangking 10 besar Universitas top terbaik di Indonesia 

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Gadjah Mada

3. Universitas Brawijaya

4. Institut Pertanian Bogor

5. Universitas Airlangga

6. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

8. Universitas Syiah Kuala

9. Telkom University

10. Institut Teknologi Bandung

Itulah universitas terbaik top ranking 10 besar Indonesia salah satunya ada di Aceh peringkat nomor 8 yaitu Universitas Syiah Kuala.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan menjadi pedoman 

Sumber : Webometrics