Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPS Gampong Baro Patek dan Blang Dalam Gelar Bimtek untuk KPPS Pemilu 2024

humannesia.com / Aceh Jaya - Hadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gampong Baro Patek dan Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Meunasah Blang Dalam, Sabtu (27/01/2024).

Kpps Gampong Baro Patek

Bimtek untuk semua anggota KPPS tersebut diadakan dalam rangka persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara serta membahas tentang cara penggunaan aplikasi sirekap pada Pemilu 2024.

Menurut ketua PPS Gampong Baro Patek Muhibbudin, Bimtek itu merupakan bagian dari kegiatan Bimtek serentak yang diadakan oleh KPU di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan KPPS dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan memastikan kelancaran proses pemungutan suara nantinya pada hari H tanggal 14 Februari 2024" ujar Muhibbudin 

Muhibbudin menambahkan bahwa bimbingan teknis mencakup berbagai aspek, termasuk tata cara pemungutan suara, penanganan surat suara, dan prosedur penghitungan hasil.

"Melalui bimbingan teknis ini, kami berharap KPPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Ini adalah langkah penting dalam menjamin keberlangsungan proses demokratis di tingkat desa," ujar Muhibbudin

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPS Desa Blang Dalam Zulfikar.Z, menurutnya bimbingan teknis tersebut juga menjadi kesempatan bagi KPPS untuk saling bertukar informasi dan bertanya tentang aspek-aspek teknis yang mungkin memerlukan klarifikasi.

"Diskusi interaktif antara panitia dan KPPS membantu menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang tugas masing-masing" ucap Zulfikar

Dirinya juga menambahkan, bahwa dengan semakin mendekatnya tanggal pelaksanaan pemungutan suara, kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan kepercayaan diri KPPS, sehingga proses pemilihan di Desa Gampong Baro Patek dan Desa Blang Dalam dapat berlangsung dengan aman, transparan, dan demokratis.

Hadir dalam acara tersebut anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Darul Hikmah Irwanda, dirinya juga memberikan arahan kepada para KPPS dan berbagi pengetahuan, serta tips praktis untuk mengatasi potensi kendala yang mungkin muncul selama proses pemungutan suara.(***)

Kontributor : Hafiz.A