Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMPN 1 Pantee Bidari Raih Juara Satu Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi

humannesia.com / IDI - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur ukir prestasi yang membanggakan dengan meraih juara satu sekolah Adiwiyata jenjang SMP/MTs tingkat Provinsi Aceh tahun 2023.



Pemilihan sekolah Adiwiyata itu dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, sampai SMA/SMK/MA.

Kepala SMP Negeri 1 Pantee Bidari, Islah SPd kepada media ini, Sabtu (2/12/2023) mengatakan, pada bulan November lalu sekolahnya terpilih sebagai sekolah Adiwiyata yang meraih juara satu tingkat provinsi.

"Saya menerima langsung hadiah yang diserahkan oleh Kepala DLHK Provinsi Aceh, A. Hanan SP MM di Banda Aceh," kata Islah.

Dikatakan, prestasi ini menunjukkan betapa komitmen dan kerja keras sekolahnya dalam menjalankan program Adiwiyata.

Tujuannya adalah, untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Islah menuturkan, dalam program Adiwiyata, SMP Negeri 1 Pante Bidari telah berhasil mengimplementasikan berbagai kegiatan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dia memberikan contoh, seperti pengelolaan sampah, penghematan air dan energi, serta penghijauan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pengawas Kabupaten Aceh Timur, Korwil Simpang Ulim serta semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini," ucap Islah.

Sehingga ungkapnya, memperoleh hasil yang sangat membanggakan Kabupaten Aceh Timur di tingkat Provinsi Aceh.

Semoga prestasi ini dapat memotivasi sekolah lain di Aceh khususnya Aceh Timur untuk mengikuti jejak SMP Negeri 1 Pante Bidari dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi masa depan yang lebih baik.

"Karena Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup demi cita-cita pembangunan berkelanjutan," ucap Islah.(***)

Penulis : Baihaqi