Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budayakan Literasi, SLB YBSM Banda Aceh Kunjungi Perpustakaan Wilayah Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Dalam rangka menggalakkan program gerakan literasi sekolah tak terkecuali bagi anak autis yang belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk gemar membaca.

SLB YBSM ACEH

SLB YBSM Banda Aceh membawa peserta didiknya mengunjungi Perpustakaan Wilayah Aceh yang berlokasi di Lamnyong, Kamis (14/12/2023).

Kepala SLB YBSM, Asmahani kepada media ini, Jum'at (15/12) mengatakan, tujuan membawa anak-anak ke Perpustakaan Wilayah Aceh adalah untuk menumbuhkan kegemaran membaca sehingga ini mampu meningkatkan kemampuan belajar anak.

"Memberikan pengetahuan kepada anak-anak bahwa perpustakaan memiliki berbagai tata tertib yang perlu dipatuhi oleh para pengunjungnya," ujar Asmahani.

Salah satunya ialah, larangan untuk berisik atau membuat kegaduhan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa tanggung jawab anak untuk senantiasa mentaati peraturan yang berlaku.

Selain itu kata Asmahani, koleksi buku di Perpustakaan Wilayah Aceh tentunya cukup lengkap. Mulai dari buku bertema agama, buku pengetahuan, cerita bergambar, hingga ensiklopedia yang juga dilengkapi gambar khas buku anak-anak.

"Membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berimajinasi. Terutama karakter, tempat, gambaran benda, dan aspek lainnya dari cerita atau buku yang ia baca," ungkap kepala sekolah.

Tak hanya itu, anak juga diharapkan dapat berimajinasi untuk memahami perasaan karakter di cerita yang ia baca.

Asmahani menuturkan, para guru ikut mendampingi anak-anak untuk memotivasi mereka agar bisa memahami isi bacaan yang dibaca, dan bisa menceritakannya kembali di sekolah di depan kelas.

Anak-anak sangat gembira saat perjalanan pulang pergi dari sekolah menuju Perpustakaan Wilayah Aceh dengan menumpangi Bus Trans Kutaraja.

"Kehadiran kami disambut oleh Kabid Layanan Perpustakaan Wilayah Aceh, Zulfadli melayani anak-anak dan dewan guru dengan keakraban dan bersahabat," pungkas Asmahani.(***)

Kontributor : Baihaqi