Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TINGKATKAN PEMAHAMAN KEPRAMUKAAN SMKN 1 PANGA ADAKAN PERJUSAMI DI SEKOLAH

humannesia.com / ACEH JAYA – SMK Negeri 1 Panga Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya mengadakan kegiatan PERJUSAMI (Perkemahan Jum’at Sabtu dan Minggu) di sekolah.

Perjusami SMKN 1 Panga

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala SMKN 1 Panga Zul Asral S Pd. Dalam sambutan di awal pembukaan kegiatan tersebut, kepala sekolah di damping oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Masril S Pd, M Pd, pembina Pramuka Sekolah Maswardi S Pd, ketua pelakasana Marwan S Pd, Gr dan Pembina Satria Pratama S Pd I, M Pd. Jum’at (12/10/2023).

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sekolah dan dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadikan siswa siswi lebih berpotensi, disiplin, sopan dan santun, ber kepribadian yang baik, menghargai teman baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

“Kegiatan semacam ini akan menjadikan siswa lebih unggul dan berkarakter, sehingga harapan sekolah menciptakan lulusan yang berkepribadian dan berjiwa Profil Pelajar Pancasila akan segera terwujud”, tutup Zul Asral

Semantara itu, ketua panitia Perjusami Marwan S Pd, Gr mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu jum’at, sabtu dan minggu. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dari warga sekolah, tanpa kerjasama yang baik kegiatan ini tidak mungkin akan terlaksana. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 26 siswa siswi yang terdiri dari kelas 10 dan 11, sedangkan kelas 12 tidak di ikutsertakan karena sedang mengikuti PKL/Prakerin, Jum’at (13/10/2023).

“Kegiatan seperti ini akan menjadikan siswa lebih kuat mental, berakhlak mulia, disiplin, mandiri, menghargai orang lain, dan menjadi contoh yang baik untuk siswa siswi lain”, tambahnya.

Sementara itu, Pembina Satria Pratama S Pd I, M Pd menjelaskan bahwa gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal, yang membantu dan melengkapi pendidikan formal, yang menjadi sebuah gerakan guna membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa.


Selain itu, Gerakan Pramuka juga dapat menjadi tempat menempa keterampilan, pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan serta menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara, Sabtu (14/10/2023).


“Perjusami ini diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya giat materi dan giat lapangan. Materi yang dimuat dalam kegiatan pematerian mencakup pola pembinaan pramuka penegak, sistem administrasi satuan serta kepemimpinan. Giat lapangan meliputi  tali temali, pionering tongkat, smapore dan LKBB Kemampuan di bidang lapangan”, tutup Satria. 


Salah satu guru yang juga sebagai bendahara sekolah, Teuku Julizal S Pd, M Pd merasa bangga dan terharu kegiatan ini bisa terlaksana sesuai dengan perencanaan. Sudah sangat lama kegiatan perkemahan di SMKN 1 Panga tidak di laksanakan dengan berbagai kendala. Saya secara pribadi akan terus mendukung penuh kegiatan yang positif seperti ini dan akan menganggarkan dana yang cukup di setiap tahunnya, Jum’at (13/10/2023).

“Melalui kegiatan perkemahan ini saya mengharapkan agar siswa siswa peserta perkemahan mencintai kegiatan kepramukaan, sebagai wahana belajar untuk menjadi pemimpin, dan sarana menambah pengetahuan,” ungkapnya.

Salah seorang peserta Perjusami, Teuku Aulia fajri, merasa senang atas kegiatan ini, karena ini adalah ajang berbagi pengalaman dan penambahan pengetahuan kepramukaan dan terjalinnya ikatan emosional antar kelas. Semoga kegiatan seperti ini sering dilaksanakan, ujarnya.

Kontributor : Teuku Julizal