Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMK Negeri 1 Calang Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

humannesia.com /CALANG - SMK Negeri 1 Calang adakan kegiatan Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan (PK) dan Workshop Penguatan Proses Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja SMK Pusat Keunggulan Skema Baru Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Calang mulai tanggal 16 Oktober hingga 12 November 2023.

SMKN 1 calang

Tahapan awal dari rangkaian kegiatan SMK PK ini adalah Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan kepada warga Sekolah (16/10). 

Dalam laporannya, ketua panitia Zahrul Fuadi menyampaikan berbagai rangkaian yang harus dilaksanakan dalam program SMK PK ini mulai dari sosialisasi hingga workshop penguatan proses pembelajaran berbasis dunia kerja, rangkaian kegiatan ini direncanakan berlangsung mulai 16 oktober hingga 12 November mendatang.

Kepala SMK Negeri 1 Calang, Muhammad Yani SPd MPd menyampaikan bahwa sebagai salah satu sekolah penerima bantuan SMK PK maka kita harus mampu menjalankan kepercayaan pemerintah ini dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan SMK PK bisa tercapai.  

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya, Rahadian SE MPd.

Dalam sambutannya beliau mengatakan SMK Negeri 1 Calang sebagai satu-satunya sekolah yang menjadi SMK Pusat Keunggulan di Wilayah Kabupaten Aceh Jaya, ini suatu berkah dari Tuhan yang harus diterima dan dijalankan dengan baik, juga merupakan prestasi dan kepercayaan yang luar biasa diberikan pemerintah, untuk itu beliau  menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah awal dalam mempersiapkan siswa SMK Negeri 1 Calang untuk menjadi lulusan yang siap kerja dan berkompetisi di dunia kerja.

"SMK Pusat Keunggulan skema baru ini diharapkan dapat menjawab tantangan dan kebutuhan industri masa depan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk memahami dan menerapkan proses pembelajaran berbasis dunia kerja ini," ujar Rahadian.

Sambutan selanjutnya dari Pendamping SMK PK, Subanto Pimpinan CV Prestasi Jaya, beliau menjelaskan pentingnya keselarasan antara SMK dengan Dunia Industri, keselarasan ini akan menjadikan siswa SMK siap bersaing dan mengisi kebutuhan dunia kerja...

"SMK Pusat Keunggulan skema baru ini diharapkan dapat menjawab tantangan dan kebutuhan industri masa depan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk memahami dan menerapkan proses pembelajaran berbasis dunia kerja ini," ujar Bapak Rahadian.

Sambutan selanjutnya dari Pendamping SMK PK, Bapak Subanto Pimpinan CV Prestasi Jaya, beliau menjelaskan pentingnya keselarasan antara SMK dengan Dunia Industri, keselarasan ini akan menjadikan siswa SMK siap bersaing dan mengisi kebutuhan dunia kerja.

Seperti yang diketahui bahwa SMK Negeri 1 Calang mendapat amanah dari pemerintah sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dengan Skema Baru Tahun 2023 pada Prodi Desain Permodelan Busana.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

Sumber : Humas SMKN 1 Calang