Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketua IGPKhI Aceh Sambut Baik Pertukaran Guru PKLK ke Amerika Serikat

humannesia.com / BANDA ACEH - Ketua Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Provinsi Aceh, Hj Jamilah MPd menyambut baik dan memberikan apresiasi pertukaran guru Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) dari Aceh untuk belajar ke Amerika Serikat.

Igpkhi aceh

Hal itu disampaikannya saat Pengurus IGPKhI Provinsi Aceh menyambut Win Jeroh Miko SPd, guru SLB Negeri Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah yang baru pulang dari program pertukaran guru di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Rabu (25/10/2023) kemarin.

Jamilah menjelaskan, program pertukaran guru  oleh Regional English Language Office Director, U.S. Embassy Jakarta dengan tema Exchange Program Entitled Teaching English Language Learners with Special Needs in the United States.

"Program ini yang menjadi tuan rumah yaitu, University of Massachusetts Lowell (UML) dari tanggal 8 sampai 23 Oktober 2023 selama dua minggu," kata Jamilah.

Dikatakannya, program ini akan membuka pintu ke dunia pendidikan yang berbeda, menghadirkan tantangan, pelajaran, dan momen-momen yang tak terlupakan.

"Pengalaman tersebut tentu saja memberi pemahaman mendalam tentang pentingnya inklusivitas, perbedaan budaya dan fleksibilitas dalam pendidikan," ungkap Jamilah.

Sementara itu, Win Jeroh Miko yang mewakili guru PKLK Aceh berkesempatan belajar selama dua minggu di Negeri Paman Sam menceritakan, selama program pertukaran guru, dia mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana sistem pendidikan di negara super power tersebut.

"Program ini memperluas jaringan dengan guru-guru dari berbagai belahan dunia. Kami terus berkomunikasi dan berbagi pengalaman setelah program berakhir," ujarnya.

Kata Win Jeroh Miko, program pertukaran guru adalah pengalaman tak ternilai harganya yang telah memperdalam pemahaman  tentang pendidikan global, perbedaan budaya dan memiliki dampak positif yang signifikan pada perkembangan siswa.

"Semoga ilmu yang didapati selama belajar disana, akan coba saya kembangkan khususnya di sekolah tempat bertugas, yakni di SLB Negeri Kebayakan, Aceh Tengah," ungkapnya.(***)


Penulis : Baihaqi