Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disdik Gelar Aceh Marching Band Championship ke VII, 24 Tim Siap Berlaga

humannesia.com / BANDA ACEH – Sebanyak 24 Tim Marching Band Aceh jenjang TK, SD, SMP dan SMA sederajat siap berlaga pada ajang Aceh Marching Championchip (AMBC) Tahun 2023 yang berlangsung sejak 28 hingga 29 Oktober di Balee Meuseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh.

Aceh Marchine Championship Aceh 2023
Foto Bersama Peserta AMBC Aceh 2023

Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili Asisten I Sekda Aceh, Azwardi AP, M.Si membuka acara Aceh Marching Band Championship ke VII Tahun 2023 dalam rangka memperebutkan Piala bergilir Gubernur Aceh dan Piala Tetap Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang dipusatkan di Balai Meuseraya Aceh, Banda Aceh. Sabtu, 28 Oktober 2023.

Kompetisi ini diharapkan bisa menjadi salah satu wahana untuk mendidik generasi muda menjadi pribadi yang pekerja keras, tegas, taat aturan dan disiplin. Selain itu, tim terbaik dalam kejuaraan ini akan berpeluang mewakili Aceh pada kejuaraan Marching Band tingkat nasional. 

Seremonial pembukaan diikuti sejumlah pejabat terkait, baik dari Dinas Pendidikan Aceh, Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI)-Aceh, PDBI Kota Banda Aceh hingga pihak sekolah.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Azwardi menyebutkan, Marching Band sangat berarti dalam dunia kependidikan sebab kegiatan ini mengandung banyak filosopi dalam pembangunan karakter diri.

Dengan bergabung dalam marching band, kata Azwardi, kita dituntut harus disiplin, dapat bekerjasama dalam tim, mampu menghasilkan harmoni yang seirama, patuh kepada komando, serta aktif menciptakan kreasi gerak dan bunyi.

"Filosopi ini sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Itu sebabnya marching band kerap dipertandingkan di tingkat lokal, nasional dan internasional," kata dia.

Secara periodik, lanjut Azwardi, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh, aktif mengadakan pertandingan marching band di daerah dengan tajuk Aceh Marching Band Championship (AMBC), yang kali ini sudah memasuki tahun ke 7 pelaksanaannya.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan ini. Apalagi dari tahun ke tahun peserta Marching Band Championship ini bertambah banyak. Sudah pasti persaingan semakin ketat, dan para peserta dituntut mampu menciptakan ragam gerak dan harmoni musik yang lebih kreatif," kata Azwardi membacakan sambutan gubernur. 

Plh. Kepala Dinas Pendidikan Aceh Dr. Asbaruddin, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa Aceh Marching Band Championship ke-VII Tahun 2023 merupakan agenda rutin Pemerintah Aceh yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dalam rangka menyemarakkan peringatan hari Pendidikan Daerah Aceh ke 64 Tahun 2023.

“Tujuan pelaksanaan AMBC 2023 ini adalah untuk mengembangkan bakat, kreativitas, dan kemampuan sebagai wujud pengembangan diri untuk para siswa-siswi yang sehingga dapat tercapainya tujuan pendidikan yang bernilai seni, berakhlaqul karimah dan kekompakan dalam sebuah tim,” ujar Asbaruddin.

Asbaruddin mengatakan kegiatan tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya, yang mana penyelenggaraan AMBC dilaksanakan secara virtual dan dengan peserta yang amat terbatas dikarnakan adanya wabah covid-19. 

“Alhamdulillah, pada tahun ini Dinas Pendidikan Aceh dapat melaksanakan kegiatan ini secara langsung dan terbuka dengan semangat serta menjunjung tinggi nilai sportifitas dalam berkompetisi,” jelas Asbar.

Asbaruddin berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, kepada seluruh peserta manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, ikutilah seluruh proses lomba sesuai dengan ketentuan dewan juri dan panitia serta jadilah yang terbaik pada setiap jenjang yang kalian ikuti. [***]


Penulis : Baihaqi