Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kadisdik Aceh Buka Acara Pemilihan GTK Berprestasi Berhadiah Umrah

humannesia.com / BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM melalui Pelaksana harian (Plh), Dr Asbaruddin STP MM MEng membuka secara resmi pemilihan guru dan tenaga kependidikan (GTK) jenjang SMA, SMK dan SLB tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023.

Gtk berprestasi Aceh

Kegiatan yang berhadiah umrah bagi peraih juara pertama itu dibuka oleh Plh Kadisdik Aceh berlangsung di Convention Hotel Diana, Sabtu malam (23/9/2023).

Plh Kadisdik Aceh, Asbaruddin dalam sambutannya menyampaikan, melalui pemilihan GTK berprestasi tingkat Provinsi Aceh bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi pendidik berprestasi.

"Sehingga diharapkan dapat lebih memotivasi dan profesionalisme guru yang akhirnya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Aceh dan Indonesia pada umumnya," kata Asbaruddin.

Dikatakannya, dia yakin dan percaya para pendidik dan tenaga pendidik yang hadir disini bisa dikatakan sebagai agen perubahan (agent of change) di dunia pendidikan yang mampu melahirkan generasi penerus Aceh.

"Generasi penerus itu yang cakap, relegius, kreatif, inovatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter keacehan yang kental," ujarnya.

Asbaruddin menuturkan, seorang pendidik berprestasi tidak hanya memiliki kemampuan teknis saja, tetapi juga disiplin yang tinggi agar menjadi contoh teladan bagi peserta didik. Disamping itu memiliki perilaku yang baik dan mampu berkomunikasi yang efektif.

"Saya atas nama Kadisdik Aceh dengan optimis menyambut baik atas pemilihan GTK berprestasi dan saya berpesan kepada dewan juri agar memberikan penilaian secara objektif tanpa diskriminatif, transparan dan akuntabel," pinta Asbaruddin.

Sementara itu Kepala Bidang GTK Disdik Aceh, Muksalmina SPd MSi melaporkan, pemilihan GTK berprestasi jenjang pendidikan menengah tahun ini berlangsung mulai tanggal 23 sampai 27 September 2023.

"Kegiatan ini adalah agenda rutin tahunan oleh Pemerintah Aceh melalui Disdik Aceh. Adapun jumlah pesertanya 154 orang dari 23 kabupaten/kota. Kemudian bagi peraih juara pertama akan mendapatkan hadiah paket umrah," sebutnya.

Pemilihan GTK berprestasi dibagi dalam delapan kategori yakni, pemilihan guru dan Kepala SMA, SMK dan SLB serta pengawas SMA dan SMK.

Kabid GTK menjelaskan, lokasi kegatan ini ada tiga tempat, untuk guru di Hotel Kuala Radja, bagi kepala sekolah di Hotel Diana. Sedangkan untuk pengawas berlokasi di Hotel Seventeen.

"Adapun tim penguji atau dewan juri adalah akademisi berasal dari Perguruan Tinggi, dan GTK berprestasi juara pertama pada tahun-tahun sebelumnya," ungkap Muksalmina.


Pada acara pembukaan GTK berprestasi turut dihadiri Sekdisdik Aceh, Fachrial SPt MSi dan Kepala Tekkomdik Disdik Aceh, T Fariyal SSos MM.(***)


Penulis : Baihaki