Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wujudkan TNI Mitra Masyarakat, Dandim 0113 Gayo Lues Gelar Silaturrahmi dengan APDESI

humannesia.com / BLANGKEJEREN - Dalam usaha mendekatkan diri Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai mitra masyarakat, Dandim 0113 Gayo Lues menggelar silahturrahmi dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Gayo Lues.

Dandim Gayo Lues

Silahturrahmi itu dihadiri 148 kepala desa (pengulu) se-Kabupaten Gayo Lues di Aula Makodim Gayo Lues, Kamis (20/7/2023).

Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol Inf krismanto SPd kepada awak media mengatakan, TNI itu berasal dari masyarakat, melindungi masyarakat dan sebagai mitra masyarakat.

"Masyarakat adalah ibu kandungnya TNI, makanya tentara harus berbuat baik dengan masyarakat. Kalau ada tentara yang menyakiti masyarakat, itu artinya sama dengan menyakiti ibu kandungnya sendiri," kata Krismato. 

Dikatakannya, kita sebagai TNI tidak boleh mengasari masyarakat bahkan harus berbuat baik kepada masyarakat dengan membangun kemitraan bersama kepala desa yang ada di Kabupaten Gayo Lues.

"Mari kita membangun kebersamaan dan saling membantu melalui kerjasama dengan masyarakat terutama dengan perangkat desa melalui APDESI," himbau Krismanto.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0113 Gayo Lues mengundang seluruh kepala desa atau pengulu se- Kabupaten Gayo Lues untuk bersilahturrahmi dengan tujuan membangun kemitraan terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kampung.

Lebih lanjut Krimanto menuturkan, TNI adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Sudah menjadi kewajiban bagi TNI untuk mengayomi masyarakat.

Sementara itu Ketua APDESI Kabupaten Gayo Lues, Suhardinsyah SPd menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Dandim 0113 Gayo Lues yang telah mengundang seluruh kepala desa di daerah ini.

"Silahturrahmi ini adalah yang pertama kali hadir 148 pengulu (kepala desa) dengan Dandim Gayo Lues," ujar mantan aktivis BEM FKIP itu.

Silahturrahmi ini katanya, selain untuk mempererat hubungan kekeluargaan juga sebagai urun serinen (sahabat atau kawan) dengan TNI.

Suhardin mengharapkan, pertemuan yang sangat positif ini bisa menjalin kerjasama dengan TNI di Wilayah Dandim 0113 Gayo Lues dalam pembangunan desa.

"TNI diharapkan dapat membantu mengembangkan pembangunan desa agar lebih berkembang ke arah yang lebih maju, sehingga semua desa di bumi seribu bukit ini bisa bersanding dengan daerah lainnya baik di Aceh maupun di provinsi lain di Indonesia," pinta suhardin.

Dalam pertemuan itu turut dihadiri, Anggota DPR Aceh, Rijaludin, Kabid DPMK Gayo Lues, Dedi Adrian SE, Camat Putri Betung, Ketua DPK APDESI se-Kabupaten dan Babinsa setiap desa yang ada di Kabupaten Gayo Lues.(***)

Laporan : Baihaqi