Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kreativitas Musik Tradisi SMPN 3 Langsa Wakili Aceh ke Nasional

humannesia.com / LANGSA - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) telah mengumumkan hasil Fesrival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Juara FLS2N Aceh

Surat itu bernomor 1390/J7.1/PN.01/2023 yang melampirkan nama-nama juara FLS2N jenjang pendidikan dasar dari masing-masing provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang akan berlomba di tingkat nasional.

Dari lampiran surat itu, kretivitas musik tradisi SMP Negeri 3 Langsa keluar sebagai juara satu sekaligus mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Hal itu disampaikan Kepala SMP Negeri 3 Langsa, Sopian SPd MM dalam rilis dikirim ke media ini, Minggu (30/7/2023).

"Alhamdulillah, musik tradisi SMP Negeri 3 Langsa lolos ke FLS2N yang diumumkan oleh BPTI Kemdikbud Ristek, sebuah prestasi yang membanggakan daerah dan provinsi," kata Sopian.

Dikatakannya, pada tahun 2018 SMP Negeri 3 Langsa meraih juara favorit pada cabang lomba musik tradisi, bahkan pada FLS2N cabang lomba seni tari tahun 2021 sekolah ini meraih prestasi luar biasa dengan menyabet medali emas.

Sopian menyebutkan, kreativitas musik tradisi ini terdiri dari pemusik, Akbar Maulana Lintong, M. Riski Maulana Harahap, Rendy Setiawa, Cut Amira Miftahul Jannah dan Putri Balqis khanssa.

Dijelaskannya, masing-masing kabupaten/kota sebagai pemenang juara 1 dan 2 di tiap daerah mengirimkan video ke Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kemdikbudristek yang menyeleksi.

"Kemudian ditetapkan SK perwakilan provinsi masing- masing 1 peserta/club per cabang FL2SN," ungkap Sopian.

Lebih lanjut kepala sekolah menuturkan, SMP Negeri 3 Langsa bekerja sama dengan Sanggar Seni Sidoum dalam pelatihan FLS2N.

Kerja sama ini tidak sia-sia karena mampu meraih juara satu di tingkat Kota Langsa dan juara satu di Provinsi Aceh sehingga berlanjut di tingkat nasional.

"Selamat untuk anak-anak kami, terima kasih kepada guru pembimbing dan Sanggar Seni Sidoum serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Langsa yang senantiasa memberikan motivasi," ucapnya.

Sopian menambahkan, FLS2N di tingkat nasional diperkirakan pada bulan Oktober 2023 mendatang dan suratnya akan dikirim oleh BPTI Kemdikbud Ristek nantinya.

"Semoga musik tradisi SMP Negeri 3 Langsa mampu mengukir sejarah seperti tahun 2021 yang mampu meraih medali emas dari cabang Seni Tari sehingga bisa mengharumkan nama Aceh di level nasional," pungkasnya.(*)

Penulis : Baihaki