Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadir ke Wisuda Perdana Ma’had Aly Dayah Cot Trueng, Syech Fadhil: Santri Aceh Makin Diminati

humannesia.com / LHOKSEUMAWE -  Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil menghadiri wisuda perdana Marhalah Ula (strata 1) Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif Aceh Utara, Sabtu pagi 29 Juli 2023.

Syech Fadhil Rahmi

Dayah pimpinan Ayah Min Cot Trueng, salah seorang ulama kharismatik Aceh ini, menggelar wisuda perdana untuk 40 wisudawan dari Takhassus Fiqh Siyasah Wa Qanun atau konsentrasi politik dan perundang-undangan.

Selain pengurus Ma’had Aly dan guru Dayah Cot Trueng, kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh Aceh lainnya, seperti Tusop serta Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan. Semoga kedepan para santri semakin berkiprah dalam bidang politik dan perundang-undangan di Aceh,” ujar senator yang dikenal dekat dengan dayah ini.

“Konsentrasi politik dan perundang-undangan merupakan disiplin ilmu yang penting untuk dipahami serta diimplementasikan di Aceh. Dengan adanya puluhan wisudawan ini, kita berharap kedepan kekosongan yang terjadi selama ini dapat diisi oleh para wisudawan ini,” ujar Syech Fadhil.

“Jadi santri di Aceh kini makin diminati.”

Menurut Syech Fadhil, keberadaan Ma’had Aly juga membuat pandangan kepada dayah-dayah di Aceh semakin berkelas. 

“Dulu, sewaktu saya belajar di dayah, santri seringkali dianggap warga kelas sekian Tidak lulus di sekolah umum, baru dimasukan ke dayah. Namun sekarang tidak lagi. Apalagi sudah ada Ma’had Aly-nya,” ujar Syech Fadhil.

“Dayah kini adalah tempat belajar terbaik untuk mendidik anak bangsa. Konon lagi kini ada konsentrasi politik dan perundang-undangan seperti di sini. Ini jurusan special dan penting bagi Aceh yang memiliki kekhususan dibidang pelaksanaan syariat islam.”

“Saya berharap para wisudawan inilah nantinya menjadi pencerah dan mengedukasi siyasah dan dinamika politik di Aceh nantinya,” kata dia.

Laporan : Baihaqi