Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usai Upacara Hardiknas, Kacabdisdik Aceh Barat Panen Padi Seluas 1 Hektare di SMKN 1 Arongan

humannesia.com / MEULABOH- Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat berlangsung di SMK Negeri 1 Woyla merupakan sekolah pedalaman di Bumi Teuku Umar, Selasa (2/5/2023).

SMK Aceh barat

Dalam upacara itu bertindak sebagai inspektur upacara Kacabdisdik Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz SH MSi dengan peserta pengawas, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan siswa SMK Negeri 1 Woyla.

Kacabdisdik Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz mengatakan, seusai upacara Hardiknas langsung menuju SMK Negeri Arongan Lambalek untuk panen padi perdana.

"Panen padi seluas 1 hektare itu merupakan lahan praktik siswa SMK Negeri 1 Arongan Lambalek," kata Aziz.

Dikatakannya, panen padi perdana ini merupakan momentum terbaik bagi dunia pendidikan, karena ini hasil praktik langsung siswa SMK Negeri 1 Arongan Lambalek.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan, penanaman padi ini merupakan kali pertama namun sudah menjadi agenda rutin bagi sekolah dalam melaksanakan paktik kerja siswa.

"Semoga lahan seluas 1 hektare ini dengan hasil panen padi yang sedang dilakulan selain membantu swasembadaya pangan, disamping itu bisa menambah income bagi sekolah," ucap Aziz.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Arongan Lambalek, Netria Karmisa SPdI menuturkan, berkat do'a kita bersama atas dukungan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh serta perhatian dari Cabdisdik Wilayah Aceh Barat, sekolah ini bisa mandiri khususnya di bidang pertanian.

"Berkat do'a dan dukungan kita semua dengan segala keterbatasannya, SMK Negeri 1 Arongan Lambalek telah mampu mendidik siswa melalui praktik industri dan behasil panen padi hari ini," ujar Netria.

Katanya, kesulitan yang dialami selama ini adalah sempitnya lahan yang tersedia dan peralatqn yang masih terbatas.

Kepala sekolah berharap, Pemerintah Aceh melalui Bidang SMK Disdik Aceh agar bisa menambah peralatan, sehingga siswa lebih mudah melakukan aktivitas pertanian di SMK Negeri 1 Arongan Lambalek.

Dalam kegiatan panen perdana itu Kacabdisdik Wilayah Aceh Barat ikut didampingi kepala seksi pegembangam mutu guru dan tenga kependidikan, Heri Satria SPdI, kepala sekolah dan dewan guru SMKN 1 Arongan Lambalek.(**)