Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bantai Thailand 5-2, Timnas Sepak Bola Indonesia Raih Emas SEA Game 2023

humannesia.com / KAMBOJA - Penantian panjang selama 32 tahun, tim nasional sepak bola Indonesia untuk meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 akhirnya terwujud setelah mereka membantai Thailand 5-2 di Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Hasil Indonesia VS Thailand

Dalam partai puncak di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kambojs tersebut tim asuhan Indra Sjafri terus menggempur pertahanan tim nasional Thailand.

Alhasil, pada babak pertama penyerang asal PSM Makassar Muhammad Ramadhan Sananta berhasil menjebol 2 gol ke gawang Thailand pada menit ke-20 dan menit ke-48, skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua pasukan gajah putih terus melakukan serangan untuk mengejar ketertinggalannya pada babak pertama, akhirnya Thailand berhadapan mencetak gol melalui kaki Anan Yodsangwal pada menit ke-64.

Hingga akhir waktu normal menit ke 90 Indonesia masih memimpin 2-1, disaat perpanjangan  waktu, eforia kemenangan Indonesia sempat tertahan karena Yogsakon pada menit 90+8 berhasil menggetarkan gawang Indonesia, sehingga skor berubah 2-2.

Pertandingan kembali berlanjut 2 x 15 menit, babak pertama perpanjangan waktu, Irfan Jauhari berhasil mencetak gol untuk Indonesia, hingga skor 3-2

Di masa injury time, drama kembali terjadi. Usai Indonesia mendapat gol ketiganya lewat Irfan Jauhari, keributan terjadi di tribun pemain kedua tim. 

Banyak kartu merah diberikan wasit kepada kedua tim karena bikin kegaduhan dan dianggap memprovokasi, lima pemain, masing-masing 3 dari Thailand dan 1 dari Indonesia, diusir wasit. Beberapa ofisial tim juga ikut dikenai kartu merah.

Memanfaatkan kondisi dengan banyak nya pemain, Indonesia berhasil kembali menambah pundi-pundi golnya lewat Fajar Fathur Rahman pada menit ke-107 dan Beckham Putra pada menit terakhir pertandingan, sehingga tim nasional Indonesia menang dengan skor 5-2.

Laga yang dipimpin wasit Matar Ali Al Hatmi itu, sempat berlangsung panas dan diwarnai baku hantam antara pemain dan offisial kedua tim di depan tribun cadangan pemain.

Imbasnya, sang wasit memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Komang Teguh dan kiper Thailand Soponwit. Sejumlah ofisial dari kedua tim juga diberikan kartu merah.

Kemenangan pada cabang favorit SEA Game tersebut kembali mengantarkan Indonesia meraih medali emas, terakhir kali, Indonesia meraih medali emas cabang sepak bola pada SEA Games 1991 di Filipina.

Ketika itu, laga Indonesia kontra Thailand di partai puncak berakhir dengan skor kacamata 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui tendangan adu penalti.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia U-22: 

20-Ernando Ari; 2-Bagas Kaffa, 5-Rizky Ridho, 4-Komang Teguh, 13-Haykal Alhafiz; 14-Fajar Fathur Rachman, 19-Alfeandra Dewangga (Muhammad Ferrai 70'), 15-Muhammad Taufany (Ananda Raehan 47'), 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman (Rio Fahmi 90+4'); 9-Ramadhan Sananta (Irfan Jauhari 55').

Timnas Thailand: 

1-Soponwit Rakyart; 6-Airfan Doloh (Apisit Saenseekammuan 73'), 2-Bukkoree Lemdee (Phongsakon Tsirat 30'), 3-Chatmongkol Rueangthanarot, 4-Jonathan Khemdee; 5-Songchai Thongcham, 7-Channarong Promsrikaew, 8-Teerasak Poephimai, 10-Achitpol Keereerom (Anan Yodsangwal 30'); 17-Settasit Suvannaseat (Yotsakon Burapha 88') 19-Chayapipat Supunsasuch (Purachet Thodsanit 47')

Kontributor : Ade.M