Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa Bireuen Boyong 2 Golden 1 Silver Winner pada National English and Science Olympic

humannesia.com / BIREUEN - Global House National Olympic Committee mengajak seluruh peserta didik di Indonesia untuk ikut berkompetisi di ajang "National English and Science Olympic."

Prestasi Bureuen

Kegiatan melalui daring yang dilaksanakan sesuai dengan dengan isi surat undangan hingga tanggal 11 Maret 2023.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Bireuen, Abdul Hamid MPd kepada media ini, Sabtu (1/4/2023) mengatakan, ada beberapa sekolah di Aceh khususnya Wiilayah Bireuen turut andil pada ajang bergengsi ini.

"SMK Negeri 1 Bireuen menetapkan jadwal ujian olympiade tersebut pada tanggal 08 Februari 2023 yang diikuti oleh 111 peserta didik yang terdiri dari kelas X, XI dan XII dari semua jurusan," kata Hamid.

Dikatakannya, pada ajang itu, selain SMK Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 Peusangan juga ambil bagian diajang tersebut.

Lebih lanjut Hanid menjelaskan, setelah melewati beberapa tahapan seleksi, siswa Bireuen tampil ke babak final hingga merebut 2 Golden Winner dan 1Silver Winner dari Global House National Olympic Committee yang diumumkan pada Kamis (30/3) melalui zoom.

"Ketiga peserta didik itu berhasil mengukir prestasi gemilang yakni, dua Golden Winner diraih oleh siswi  SMK Negeri 1 Bireuen atas nama, Cut Dara Dista  kelas  XI DPIB dan Nafara Azzikra siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan," sebutnya.

Sementara Silver Winner diraih oleh peserta didik dari SMK Negeri 1 Bireuen yaitu, Jihan Fahira siswa XI TKJ2.

"Ini prestasi yang patut kita apresiasi kepada SMK Negeri 1 Bireuen dan SMA Negeri 2 Peusangan, dimana telah menunjukkan kemampuan siswanya bukan hanya di tingkat provinsi saja namun sampai di tingkat nasiona bahkan internasionall," ucap pria humoris dan peramah ini.

Hamid mengharapkan, kepada semua sekolah dalam wilayahnya agar teruslah berinovasi dalam mengurus pendidikan dan cari event untuk mengasah talenta siswa kita.

Yakinlah siswa kita mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional, hanya saja kesempatan dan peluang untuk berpartisipasi yang tidak didapatkan oleh sekolah. 

"Maka diharapkan kepada kepala sekolah harus mencari peluang itu untuk mengasah talenta siswa yang ada di Kota Juang," pinta Hamid.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Bireuen, Muhammad Yusuf merasa terharu dan bangga atas prestasi yang diraih oleh siswanya itu.

"Terima kasih kepada Cut Dara Dista dan Jihan Fahira yang telah mengharumkan nama SMK Negeri 1 Bireuen juga nama nama daerah dan  provinsi di level internasional," ujarnya.

Selanjutnya Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru pembina, Yulia Fitri SAg, Saimah SPd, Nurlaili SPdI, atas kerja baik ibu semua telah mengharumkan nama sekolah ini.

Sedangkan Kepala SMA Negeri 2 Peusangan, Nurhadisah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada ananda Nagara Azzikra yang telah mempersembahkan Golden Winner bersama guru pembimbing bagi sekolah yang ia pimpin.(*)