Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"Lele Frozen" Produk Unggulan SMKN 1 Calang Diminati Pengunjung Expo BLUD SMK Se-Aceh

 humannesia.com / BANDA ACEH - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki meresmikan 68 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di halaman SMK 1, 2 dan 3 Banda Aceh, Jumat (17/3/2023).

Lele Frozen SMKN 1 CALANG

Pada kegiatan tersebut, Dinas Pendidikan Aceh yang menjadi pelaksana, ikut menghadirkan ratusan SMK se-Aceh untuk menggelar Expo atau memamerkan berbagai produk unggulan disetiap sekolah.

Salah satu produk unggulan yang mencuri perhatian pengunjung adalah "Lele Frozen" yang dipamerkan oleh SMK Negeri 1 Calang binaan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Jaya Rahadian SE, M.Pd mengatakan bahwa Expo BLUD Produk SMK merupakan kegiatan yang sangat tepat

"Kegiatan ini hadir pada saat sistem kurikulum SMK menuntut lahirnya produk pada akhir pembelajaran" ucapnya

Rahadian menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan mendorong semangat para siswa untuk terus berkarya dan berinovasi dalam menciptakan produk-produk unggulan SMK. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kelender rutin Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh setiap tahunnya, bila mungkin kegiatan ini juga dapat melibatkan SKPA lainnya sebagai bagian untuk peningkatan UMKM" ujar Rahadian.

Sementara, Kepala SMK Negeri 1 Calang Muhammad Yani, S.Pd,.M.Pd. merasa bersyukur atas digelarnya Expo SMK se-Aceh tersebut, sehingga sekolahnya dapat memamerkan berbagai produk unggulan, salah satunya adalah "Lele Frozen".

"Lele Frozen ini merupakan salah satu produk unggulan SMK Negeri 1 Calang yang diproduksi oleh siswa-siswi jurusan perikanan" jelas Muhammad Yani.

Muhammad Yani menambahkan bahwa apabila Lele Frozen ingin dinikmati, pengerjaannya sangat praktis, karena langsung bisa dimasak, sudah disucikan dan sudah dibumbui dengan rempah-rempah yang sangat berkhasiat.

"Lele Ini bisa tahan 2-3 bulan jika masuk freezer. Sangat praktis, tinggal buka bungkusnya langsung bisa digoreng karena sudah dibersihkan dan diberi bumbu-bumbu rempah di dalamnya" ujar Muhammad Yani.

Tampilan produk dalam kegiatan peluncuran BLUD tersebut, tambah Muhammad Yani dapat menjadi motivasi bagi sekolahnya, sehingga terus berinovasi demi meningkatkan mutu sekolah. 

"Kegiatan Expo ini dapat menjadi motivasi bagi kami dalam mewujudkan pembelajaran disekolah berbasis industri, sehingga tamatan SMK mampu berwirausaha sesuai dengan kompetensi dan potensi daerah, salah satunya dengan memproduksi Lele Frozen" ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui, Lele adalah jenis ikan yang tidak asing lagi di telinga para pencinta ikan. Dengan rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau. Lele juga sudah menjadi makanan favorit semua kalangan.

Kandungan nutrisi ikan lele dan manfaatnya juga sangat melimpah. Ikan Lele memiliki protein yang sangat tinggi,  asam lemak omega-3, vitamin B dan D, Magnesium, Zat Besi dan Kalsium.

Selain itu, ikan Lele juga juga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit kronis, seperti penurunan tekanan darah, penurunan resiko diabetes dan resiko penyakit kanker tertentu.

Ayo, tunggu apalagi, rasakan gurih dan nikmatnya "Lele Frozen" karya SMK Negeri 1 Calang. Tentunya dengan mengunjungi Stand SMK Aceh Jaya dan hubungi langsung penyedia sekolah setempat.

Kontributor : Maswadi