Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

371 Siswa di Aceh Timur Lulus di SNBP, Naik 120 Orang dari Tahun Lalu

hunannesia.com / IDI - Sebanyak 371 orang siswa SMA dan SMK di bawah Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Aceh Timur, kembali diterima di berbagai Perguruan Tinggi Nasional (PTN) di Aceh maupun diluar daerah.

Kacabdin Aceh Timur

Kacabdisdik Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra kepada serambinews.com, Kamis (30/3/2023) menyebutkan, ada 371 siswa SMA dan SMK yang diterima diberbagai PTN setelah berhasil lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

SNBP itu dimumumkan oleh Kemdikbudristek pada hari Selasa, tanggal 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB serentak seluruh Indonesia.

Rahmatsah mengatakan, jalur SNBP merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN, selain jalur tes atau SNBT serta jalur mandiri.

“Alhamdulliah, pada tahun ini 371 siswa SMA dan SMK Aceh Timur kembali lulus seleksi untuk diterima di PTN diberbagai daerah,” ucapnya.

Menurut Rahmatsah, jumlah siswa SMA dan SMK Aceh Timur yang lulus PTN jalur non tes pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2022 sejumlah 251 siswa, tahun 2023 ini sebanyak 371 siswa. Jadi, mengalami kenaikan sebanyak 120 orang siswa.

“Capaian prestasi siswa ini berkat kerja keras pihak sekolah, guru serta masyarakat dalam mendorong kemajuan dan peningkatan mutu serta kualitas pendidikan di Wilayah Aceh Timur,” ujarnya.

Rahmatsah menambahkan, terhadap siswa yang belum berhasil lulus seleksi di jalur tersebut juga dapat masuk melalui jalur tes atau SNBT dan mandiri. 

"Jangan patah semangat, teruslah mengikuti tes pada jalur lainnya bahkan kalaupun tidak lulus di PTN, masih ada peluang kuliah di PTS dengan berbagai fasilitas yang mumpuni," pungkasnya.(*)

Berikut tabel kelulusan tahun 2022 dan tahun 2023 :


Penulis : Baihaqi