Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa UBBG Sosialisasi PMB di SMAN 1 Setia Bakti

humannesia.com, CALANG - Menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru ( PMB) tahun ajaran 2023/2024, berbagai kampus terus melakukan sosialisasi diberbagai sekolah menengah atas dan kejuruan, sebagaimana yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG) Banda Aceh di SMA Negeri 1 Setia Aceh Jaya, Rabu (1/2/2023).

PMB UBBG Aceh

Sosialisasi PMB yang dilakukan oleh lima Mahasiswa UBBG tersebut mendapat sambutan baik dari pihak sekolah, mereka diberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi dan memotivasi siswa secara langsung diruang kelas sekolah setempat.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Erif Safrizal Program studi PGSD, Mutiara program studi PBI, Yuli Kartika Dewi, Lidya Zahrah dan Erayana program studi keperawatan. Mereka semua merupakan alumni dari beberapa sekolah di Aceh Jaya, termasuk dua diantaranya merupakan alumni SMA Negeri 1 Setia Bakti.

Kepala SMA Negeri 1 Setia Bakti Maswadi, S.Pd mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan tersebut.

" Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas kehadiran adek-adek mahasiswa pada hari ini, InsyaAllah kehadiran kalian akan berdampak positif terhadap keinginan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi " ucapnya.

Maswadi melanjutkan bahwa pada tahun sebelumnya, minat siswa SMAN 1 Setia Bakti untuk melanjutkan ke perguruan tinggi mencapai 90%, namun hanya 65% yang berhasil masuk dan lanjut diperguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, termasuk diantaranya di UBBG Aceh.

Sementara, Wali Kelas XII Desi Ormayani RM, S.Pd.I menambahkan bahwa mayoritas siswa yang lulus di perguruan tinggi tahun lalu mendapatkan beasiswa KIP Kuliah, sehingga sangat terbantu secara finansial dalam memenuhi berbagai kebutuhan kuliah.

"Semoga kehadiran adek-adek mahasiswa mampu meningkatkan motivasi siswa untuk kuliah" ucapnya.

Mahasiswa UBBG Aceh

Salah seorang perwakilan mahasiswa UBBG Erif menjelaskan bahwa kampus UBBG saat ini sangat diminati oleh mahasiswa, buktinya setiap tahun mahasiswa UBBG selalu bertambah.

Selain itu, tambah Erif UBBG memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai dan mahasiswanya memiliki berbagai prestasi secara akademik maupun non akademik, baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Kampus UBBG sekarang memiliki gedung dan sarana yang sangat lengkap, selain itu mayoritas tenaga pengajar merupakan lulusan S-3 dari berbagai kampus ternama di Indonesia dan dunia" ucapnya.

Kampus UBBG juga menyediakan berbagai Beasiswa, seperti beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa UKT, Beasiswa Baitul Mal, Beasiswa Yatim, Beasiswa Tahfiz Quran, Beasiswa Prestasi dan berbagai Beasiswa lainnya, baik yang bersumber dari yayasan maupun dari pihak lainnya.

" Alhamdulillah, kami berlima ini merupakan penerima beasiswa, sehingga sangat membantu dalam memenuhi berbagai keperluan di kampus dan kebutuhan hidup sehari-hari" ucapnya

Erif juga menjelaskan bahwa kampus UBBG memiliki 2 fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan (FSTIK).

FKIP memiliki 6 program studi yaitu S-1 PGSD, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Matematika.

Sementara FSTIK terdiri dari 3 program studi yaitu S-1 Keperawatan, S-1 Kebudayaan dan S-1 Program Komputer. Selain itu, UBBG juga memiliki program studi magister S-2 Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) dan S-2 Pendidikan Dasar (PENDAS).

UBBG juga membuka Program Profesi, yang terdiri dari Pendidikan Profesi Bidan (PPB), Pendidikan Profesi Ners (PPN), dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Bagi siswa yang berminat kuliah di UBBG dapat mendaftar secara online melalui link https://camaba.bbg.ac.id

Pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2023/2024 mulai dibuka sejak 01 Desember 2022 sampai dengan 31 Agustus 2023.

Kontributor : Hafizh A.M.