Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Majalah POTRET Gelar Lomba Menulis Essai Se-Aceh

humannesia.com / Banda Aceh - Majalah POTRET yang kini bermetamorfosis menjadi media online, www.potretonline.com, menggelar lomba menulis essai bertemakan 'sepeda' untuk siswa, mahasiswa dan umum. Hal itu disampaikan Tabrani Yunis pimpinan Majalah POTRET Minggu (22/01/2023). 

Potret Gallery

Menurutnya, lomba menulis essai tersebut merupakan wujud komitmennya dalam dunia literasi yang sejak lama sudah menjadi concern majalah POTRET sejak pertama sekali terbit pada tanggal 11 Januari 2003.

" Bagi Center for Community Development and Education yang menerbitkan majalah POTRET, persoalan literasi anak bangsa, sudah lama menjadi concern lembaga ini. Oleh sebab itu, lahirnya Majalah POTRET merupakan usaha atau upaya untuk mengajak semua orang menulis", ucap Tabrani. 

Lebih lanjut ia mengatakan kemampuan literasi yang rendah akan berimplikasi negatif pada produktifitas seseorang, termasuk produktifitas menulis. 

"Rendahnya kemampuan literasi masyarakat membawa dampak negatif terhadap tingkat produktifitas masyarakat, dalam segala bidang, termasuk produktifitas dalam Menulis yang dalam konteks kemampuan berbahasa berada pada level reproductive skill," ujar Tabrani Yunis yang juga mengelola Majalah Anak Cerdas, sebagai media untuk membangun gerakan gemar berkarya sejak usia dini”

Sementara itu manager program lomba essai, Don Zakiyamani mengatakan lomba dibagi dua kategori, siswa (SLTP/SLTA) dan kategori mahasiswa/umum. 

"Lomba menulis essai bertemakan 'sepeda' kita bagi dua kategori, bagi yang ingin mendaftar sudah dapat mengirimkan naskahnya melalui email potret.ccde@gmail.com kita tunggu sampai 21 Februari 2023," kata Don. 

Selain juara 1-3 untuk setiap kategori, lomba essai juga memberikan hadiah kepada juara favorit untuk setiap kategori. Juara favorit akan dipilih oleh pembaca essai, berdasarkan like dan komen sosial media terhadap essai. 

"Juara 1 setiap kategori akan menerima sebuah sepeda, sementara peringkat 2 dan 3 mendapat bingkisan menarik. Selain itu nantinya akan ada juara favorit," tutup Don Zakiyamani yang kini dipercaya sebagai Sekjen EAA FKIP USK.

Kontributor : Ade.M