Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMP Negeri 1 Darul Hikmah Sukses Gelar Maulid Nabi

humannesia.com / DARUL HIKMAH - SMP Negeri 1 Darul Hikmah kabupaten Aceh Jaya sukses melaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad  SAW 1444 Hijriah / 2022 Miladiyah, kegiatan dilaksanakan di Aula sekolah setempat, Sabtu (03/12/2022).

Maulid SMPN 1 DARUL HIKMAH

Pada peringatan maulid tersebut, pihak sekolah menghadirkan Tgk. Agus Salim, salah seorang penceramah yang berasal dari Dayah Darul Muamilm, Tgk. Agus Salim juga sedang di idolakan oleh para remaja Daru Hikmah saat ini.. 

Tema yang diangkat pada Maulid kali ini adalah dengan memperingati maulid nabi Muhammad SAW kita budayakan akhlak mulia dimana pun berada

Tgk Agus saat berceramah menjelaskan tentang kehati-hatian kita dalam menerima dan menyaring informasi baik yang pernah populer dulu mupun yang sedang viral sekarang. 

"dulu sejarah mengabarkan bahwa nabi menikahi Siti Aisyah yang berumur 9 tahun sekarang menjadi bahan pelecehan bahwa nabi menikahi anak dibawah umur, padahal yang benar Siti Aisyah dinikahi Nabi pada usia 18 tahun" jelas Tgk.Agus

Tgk Agus melanjutkan bahwa riwayat sembilan tahun disemaikn oleh seorang perempuan tua yang sudah pikun. Kemudian beliau menjelaskan pendidikan ukrawi tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan duniawi. 

"Betapa ilmuwan ilmuwan awal adalah para ulama yang hafal Alquran dan hadis semisal Ibnu Sina, Al khawarizmi dan banyak ulama lainnya." 

Ceramah yang di balut cerita cerita lucu tersebut berhasil menghipnotis seratusan pendengar yang terdiri dari unsur muspika, tokoh masyarakat, para kepala sekolah guru dan peserta didik SMP darul Hikmah. 

Siswa SMAN 1 Darul Hikmah

Diakhir acara SMPN 1 Darul Hikmah menyalurkan santunan kepada anak yatim piatu dari hasil penjualan sawit sekolah. 

Ini kegiatan rutin 2 kali  setiap  tahunnya. Kepada peserta didik juga diadakan doorprize dengan menjawab soal soal yang ditanyakan oleh perwakilan muspika, tokoh masyarakat, kepala sekolah dan tamu undangan.

Acara ditutup dengan doa dan makan bersama. Sebelumnya dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 1 Darul Hikmah Sri Indrayati, S Pd  sebagai kepala sekolah meminta kepada peserta didik agar mensinergikan pendidikan Dayah dengan pendidikan sekolah

" Kami juga mengajak pendidikan nonformal agar bekerja sama dan sama sama bekerja dengan sekolah mewujudkan peserta didik cerdas, berakhlak mulia, disiplin dan menghindari maksiat dimanapun mereka berada" Ucap Sri Indrayati

Kontributor : Muhammad Rizal