Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kacabdin Bersama Kajari Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum, Ini Juaranya !

humannesia.com / Bireuen - Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Wilayah Bireuen bersama Kejaksaan Tinggi Negeri (Kajari) Bireuen, melaksanakan pemilihan  seleksi duta pelajar sadar hukum tahun 2022.

Duta Sadar Hukum Bireuen

Kegiatan yang diikuti perwakilan siswa dari 27 SMA dan SMK se-Kabupaten Bireuen itu beralngsung di Aula SMA Negeri 1 Bireuen, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan seleksi duta pelajar sadar hukum itu merupakan program tahunan dari Dinas Pendidikan Aceh bersama Kejaksaan Tinggi Negeri Aceh.

Kajari Bireuen, M. Farid Rumdana MH saat membuka kegiatan itu dalam arahannya menyampaikan, menjadi duta perlu persiapan publik speaking dan mental saat tampil.

"Teruslah belajar tentang tudlgas dan fungsi kejaksaan dengan membrosing di google,' kata Rumdana.

Dikatakannya, kalian tidak harus menghapal Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal demi pasal, namun harus mampu menjelaskan dan memahami pasal yang terkandung dalam KUHP itu.

Sementara Kacabdindik Wilayah Bireuen, Abdul Hamid MPd menyampaikan, harapannya kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin menjadi yang terbaik.

"Peserta yang meraih juara satu akan mewakili Kabupaten Bireuen ke tingkat Provinsi Aceh dengan harapan meraih juara di tingkat provinsi nantinya," ujar Hamid.

Sedangkan ketua panitia, Ahmad Fazil melaporkan,  peserta dari masing-masing sekolah diwakili sepasang putra dan putri berjumlah 167 orang siswa.

Disebutkannya, bagi peraih juara satu diberikan hadiah uang sebesar Rp.3 juta, juara dua Rp.2 juta dan juara tiga Rp.1 juta.

"Selain itu bagi pemenang disematkan salempang sebagai duta pelajar sadar hukum tahun 2022 dan juga diberikan medali dan trophy," sebut Fazil.

Pada seleksi duta pelajar sadar hukum jenjang SMA dan SMK Kabupaten Bireuen kali ini yang menjadi tim penilai yaitu, Muliana SH (Kasi Intelijen), Maulijar SHI MH (Kasi Datun).

Kemudian ditambah tiga penilai lagi masing-masing, Dona Popou Saragih SH, Yusuf Hidayatullah SH dan Joy Octorina SH dari Kejari Bireuen.

Adapun para juara, dari penilaian dewan juri diumumkan sebagai berikut :

 Juara Putri 

Peraih juara satu atas nama, Saydahna Aisya dengan nilai 167 dari SMA Negeri 1 Bireuen.

Selanjutnya juara dua diraih oleh Raudatul Jannah dengan nilai 166 dari SMK Negeri 1 Jeunieb.

Sedangkan juara tiga yaitu, Riska Rosana dengan peeolehan nilai 165 dari SMA Negeri 2 Peusangan.

Juara Putra

Juara satu diraih oleh M Raja Ramadhan dengan nilai 164 dari SMA Negeri 2 Peusangan.

Dilanjutkan juara dua diraih Mufadhal dengan nilai 158 dari dari SMA Negeri 1 Kuala.

Terakhir juara tiga atas nama, Irham Andika dengan nilai 157 dari SMA Negeri 1 Bireuen.[]


Penulis : Baihaki