Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Ini, Bakri Siddiq Dilantik Sebagai PJ Wali Kota Banda Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Teka-teki Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh untuk periode 2022-2024 terjawab sudah. 

Bakri Siddiq

Sebagaimana diketahui, sebelumnya DPRK telah mengusulkan tiga nama kandidat di antaranya pejabat eselon II Kemendagri Bakri Siddiq, Asisten II Pemko Banda Aceh Jalaluddin dan Sekda Kota Banda Aceh Amiruddin

Dari tiga calon tersebut, Bakri Siddiq SE MSi, dipastikan terpilih dan khabarnya akan dilantik langsung oleh PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki hari ini, Kamis (07/07/2022).

Hal tersebut sesuai dengan hasil konfirmasi dari Kapuspen Kemendagri, Benni Irwan bahwa Bakri Siddiq akan ditetapkan sebagai Pj Wali Kota Banda Aceh, menyusul habisnya masa jabatan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM.

“Sejauh ini, Pak Bakri Siddiq untuk Banda Aceh. Beliau sudah sampai di Banda Aceh sore ini. Bisa dipastikan, memang beliau. Tinggal menunggu surat Keputusan Menteri (Kepmendagri) saja,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri RI. Benny Irwan, Rabu (6/7/2022).

Bakri Siddiq merupakan putra kelahiran Aceh Selatan, tepat nya di desa Simpang Tiga kemukiman Aluepaku kecamatan Sawang.

Sejak awal nama Bakri Siddiq memang sudah digadang-gadang menjadi calon kuat Pj Wali Kota, bahkan namanya sudah tersebar di kalangan DPRK Banda Aceh. DPRK menilai sosok Bakri Siddiq dinilai paling mumpuni mengatasi berbagai persoalan Pemko Banda Aceh, karena pengalamannya di kementerian

Bakri Siddiq merupakan pejabat eselon II Kemendagri yang saat ini menjabat Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama pada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). BNPP ini adalah sebuah badan yang mengelola batas wilayah perbatasan negara yang berbatasan langsung dengan 13 provinsi.

Badan ini berisi tim dari 18 kementerian/lembaga negara di bawah komando Kemendagri. Bakri Siddiq sendiri juga diketahui putra daerah Serambi Mekkah.

Terjawab sudah sosok PJ Wali Kota yang akan memimpin Banda Aceh dua tahun kedepan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah memastikan Bakri Siddiq yang akan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh 

Bakri Siddiq pun diketahui telah memperlajari permasalahan di Pemko Banda Aceh. Apalagi dia sudah sangat berpengalaman di lingkungan pemerintahan daerah. 

Sebelumnya, Pria yang senantiasa tampil cool itu, pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda Singkawang, Kalimantan Barat. Beberapa prestasi dituainya, antara lain menjadikan Kota Singkawang sebagai juara umum Penghargaan Daya Saing se Propinsi Kalbar di tahun 2013/2014.

Penghargaan itu didasari oleh hasil survey Bank Kalbar, Yayasan Lisma Untan dan Gesellschaft fur Internationale Zuusamenarbeit (GIZ) Jerman. 

“Penghargaan ini merupakan tantangan buat kami untuk lebih memacu bagaimana kami bekerja lebih keras dan giat, agar Kota Singkawang Lebih baik,” ucap Bakri kepada awak media lokal di Kalbar, kala itu

Editor : Maswadi