Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aceh Jaya Kirim 47 Peserta Mengikuti MTQ ke-35 Provinsi Aceh, T Irfan TB Janji Bonus

 humannesia.com / ACEH JAYA - Sebanyak 47 qari dan qariah dari Kafilah Kabupaten Aceh Jaya, dilepas untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Aceh ke-35 yang berlangsung di Bener Meriah pada 18-25 Juni 2022.

MTQ Aceh Jaya

Pelepasan Kafilah MTQ Aceh Jaya dilakukan oleh Bupati T Irfan TB, yang ditandai dengan penyerahan bendera kafilah kepada Zulkifli ketua Kafilah Aceh Jaya.

Bupati Aceh Jaya T Irfan TB berharap seluruh peserta Kafilah kabupaten Aceh Jaya untuk memberikan penampilan terbaiknya agar mampu menoreh prestasi pada MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun ke-35, sehingga dapat memperbaiki peringkat Aceh Jaya dari tahun sebelumnya.

Selama ini, kata T Irfan TB, prestasi Kabupaten Aceh Jaya di tingkat MTQ Provinsi Aceh selalu meningkat dari tahun ke tahun.

" Prestasi Kabupaten Aceh Jaya terus meningkat di ajang MTQ tingkat provinsi Aceh, pertama meraih 16 besar pada tahun 2015, 11 besar pada tahun 2017, dan 8 besar pada tahun 2019," ujar Bupati.

Kafilah MTQ ACEH JAYA

Tahun ini, Pemerintah Aceh Jaya menargetkan mampu lolos ke posisi 5 besar, bahkan 3 besar MTQ tingkat Provinsi Aceh ke-35. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta, pelatih dan pendamping untuk menjaga nama baik daerah (Aceh Jaya) dan memperkuat tali silaturahmi dengan kabupaten lain yang menjadi peserta dalam ajang MTQ tahun ini.

" Kita harap pendamping kafilah Aceh Jaya benar-benar serius mendampingi qari dan Qariah dalam menjaga pola makan, kesehatan dan tidak bergadang pada malam hari. Jangan ada kesombongan dengan peserta dari kabupaten lain, jaga sopan santun dan etika," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Bupati T. Irfan TB juga mengatakan bahwa Pemkab Aceh Jaya akan mempersiapkan sejumlah bonus bagi qari dan qariah yang berhasil membawa pulang juara, baik juara pertama, kedua dan ketiga.

" Kita akan memberikan bonus sebesar Rp 25 juta kepada peraih juara pertama, dan juara 2  sebesar Rp 20 juta  dan juara 3 sebesar 15 juta," Sebutnya.

Ia menambahkan, bagi peserta yang tidak mendapatkan juara, juga akan ada perhatian dan apresiasi dari pemkab Aceh Jaya karena telah berjuang membawa daerah pada ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Jaya, Zulkifli mengatakan, jumlah peserta yang dikirim untuk mengikuti event MTQ ke-35 tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah sebanyak 78 orang yang terdiri 46 laki-laki dan 32 perempuan.

" Jumlah peserta dari Kafilah Kabupaten Aceh Jaya yang dikirim mengikuti MTQ ke-35 di bener Meriah sebanyak 47 orang qari dan qariah, 22 orang pendamping/official dan 9 pelatih," kata Zulkifli.

Adapun cabang perlombaan yang diikuti  adalah Cabang Qiraat Sab'ah Murattal 8 peserta, Tahfidz Alquran 8 Peserta, Khatt 8 peserta , Cabang Tilawah 6 peserta , Fahmil Alqur'an 6 peserta , Syarhil Alquran 6 peserta, Cabang Tartil 2 peserta dan KTIQ diikuti 2 peserta.

Sumber : 

https://www.facebook.com/755429961224347/posts/4633394640094507/