Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OSIS SMKN 1 Panga, Galang Dana Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Humannesia.com / Aceh Jaya – Siswa SMK Negeri 1 Panga yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam erupsi Gunung Semeru (10/12/2021)

SMK panga

Aksi itu dilakukan dengan turun jalan di beberapa titik, mulai dari perkantoran, sekolahan, pasar, di jalan dan rumah-rumah warga di kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. 

Pembina OSIS SMK Negeri 1 Panga, Nova Ulfianti S Pd mengatakan, aksi penggalangan dana tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Dan dengan aksi penggalangan dana ini bisa melatih siswa agar lebih peduli terhadap sesama, terutama korban erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.


Peduli sosial

Aksi turun ke jalan ini dilakukan selama dua hari yaitu juma'at dan sabtu (10-11 Desember 2021)

"Setidaknya bisa sedikit membantu saudara kita yang ada di lokasi terdampak bencana," ujar Nova

Kegiatan penggalangan dana tersebut tambah Nova, merupakan hasil koordinasi bersama, dan akhirnya langsung eksekusi untuk turun ke jalan, adapun dana  yang terkumpul berjumlah dua juta rupiah.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Teuku Julizal M Pd mengatakan, aksi penggalangan dana ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan jiwa kemanusiaan para siswa sejak di bangku sekolah.

Menurut Teuku Julizal, aksi penggalangan dana tersebut dilakukan secara spontan. Melihat adanya bencana erupsi gunung semeru yang berdampak kepada 5.000an warga kehilangan tempat tinggal, yang kemudian tergerak untuk mengajak siswa dalam penggalangan dana.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita antar sesama," ujarnya

Gang dana di jalan

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Panga, Suparty Lubis SP mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mandidik siswa dalam berjiwa kemanusiaan. Dan sangat mengapresiasi serta bangga akan kepedulian siswa terhadap saudara sebangsa yang tertimpa musibah

Bahkan, di lembaga yang ia pimpin, Suparty memberikan imbauan kepada seluruh guru dan siswa untuk turut serta membantu meringankan beban korban bencana tersebut.

"Memang kami tidak bisa menghapus kesedihan para korban, tapi dengan membantu setidaknya bisa meringankan beban mereka," imbuhnya.


Dikatakan Suparty, nantinya dana yang sudah terkumpul dari hasil penggalangan selama dua hari (jum'at/sabtu), akan langsung serahkan ke tim penggalangan bantuan kemanusiaan dari tanah rencong  Aceh Jaya yang nantinya akan didistribusikan ke lokasi bencana. Tentu dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait.


Suparty menambahkan, terimakasih untuk waka kesiswaan dan pembina OSIS yang terus membimbing siswa dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama.


"Berapapun jumlah yang didapatkan, semoga dapat meringankan. Karena aksi ini dilakukan atas dasar rasa kemanusiaan untuk membantu saudara yang sedang tertimpa musibah erupsi Gunung Semeru," tutup Suparty. (*)