Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMK Negeri 1 Darul Hikmah Raih Juara II LKS tingkat Provinsi Aceh

 CALANG (hummanesia.com) – Dinas Pendidikan Aceh menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Aceh sejak 23 sampai 26 Agustus 2021, pada lomba tersebut siswa SMK Negeri 1 Darul Hikmah atas nama Irfandi berhasil meraih juara II bidang lomba Cabinet Making.

SMK Negeri 1 Darul Hikmah

Kepala SMK Negeri 1 Darul Hikmah Aiyub, S.Pd saat mendampingi peserta menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh siswanya

 Alhamdulillah atas prestasi yang didapat oleh siswa kami (Irfandi) pada ajang LKS tingkat provinsi Aceh tahun ini “ ucap Aiyub dengan rasa syukur

Selain itu, Aiyub juga mengatakan selain Juara LKS Irfandi juga merupakan siswa berprestasi pada kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti.

 “ Irfandi juga mampu membimbing kawan-kawannya pada praktek kewirausahaan membuat mobile di sekolah, Alhamdulillah, hasil produksi praktek kewirausahaan tersebut sudah mulai dilirik oleh konsumen lokal walaupun daalam skala kecil” ujarnya

Mobileuer SMKN 1 Darul Hikmah

 Aiyub melalui media sosial atas nama dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut memotivasi siswanya, terutama para pembimbing Azizul Amri, ST dan Umas Saisbuwono, S.ST, serta seluruh guru SMK Negeri 1 Darul Hikmah.

 Pada bidang lomba Cabinet Making, Irfandi yang berasal dari desa Paya Santeut kecamatan Darul Hikmah ini memperoleh nilai 70,97, sedangkan yang menjadi juara I pada lomba tersebut diraih oleh tuan rumah kota Banda Aceh atas nama Rizky Malana SMK Negeri 2 Banda Aceh dengan nilai 85,40, sementara juara III diraih oleh Muhammad Rizy Aulia SMK Negeri 1 Bireuen dengan nilai 68,73.

 Kegiatan Lomba ditutup secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM ,pada saat penutupan Alhudri menyampaikan pentingnya program pembelajaran yang unggul serta dukungan sarana dan prasarana yang memadai untuk melatih kemampuan siswa agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

 “Kepada para pemangku kepentingan untuk tidak terkesan asal-asalan dalam mengusulkan program dan kebutuhan di sekolah. Jangan asal copy paste setiap tahunnya. Jangan dianggarkan sesuatu yang tidak dapat dimanfaatkan dan berlebih,” tuturnya

 Alhudri juga berharap dengan adanya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) akan dapat menguatkan karakter dan kepribadian siswa. Tidak hanya termotivasi untuk mau dan percaya diri, tetapi menjadi pribadi yang santun, tegas, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.

 “Lulusan SMK harus memiliki kemampuan dan berdaya saing, ditunjang dengan kemampuan softskill seperti berkomunikasi, berpikir kritis, serta bekerjasama. Aspek penunjang lain yaitu berkarakter, mandiri, kreatif dan bertanggung jawab,” terangnya.

 Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMK, Azizah, S.Pd, M.Pd melaporkan LKS merupakan salah satu ajang bergengsi yang turut dilombakan secara nasional pada tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat karakter, produktif, kreatif dan inovatif bagi siswa.

 “Untuk mengetahui peta kualitas dan kemampuan siswa SMK sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industry. Maka yang menjadi dewan juri disini adalah juri nasional serta pihak dunia usaha berskala nasional,” ujarnya.

 Pada kegiatan LKS tingkat Provinsi Aceh tahun 2021, perwakilan Kota Banda Aceh berhasil menjadi juara umum, dengan torehan 14 medali emas, 4 medali perak dan 4 medali perunggu.

Kegiatan berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Para siswa yang berhasil meraih juara pertama di tingkat provinsi, berhak mewakili Aceh untuk berlomba diajang yang sama pada tingkat nasional yang akan dilaksanakan 24 hingga 30 Oktober 2021 secara daring di Jakarta.