Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rakerwil KKG MI Se-Aceh Sukses Terlaksana, Ini Rekomendasi Yang Dihasilkan!

 HumanNesia.com | Banda Aceh - Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Provinsi Aceh menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil ) perdana yang berlangsung di SEI Hotel Kota Banda Aceh, mulai tanggal 08-10 April 2021.

Rakerwil KKG MI Se-Aceh Sukses Terlaksana,  Ini Rekomendasi Yang Dihasilkan!

Rakerwil tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh yang diwakili Kepala Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Drs H Amiruddin MA, Kamis (08/04/2021).

 

Amiruddin menyampaikan dalam sambutannya, selama ini koordinasi antara kantor wilayah dengan Kemenag disetiap kabupaten/kota berjalan dengan baik, kedepannya dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi.


"Kementerian Agama terus berbenah menyempurnakan segala kekurangan yang ada guna meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan good govermance" ujar Amiruddin.

Untuk mencapai tujuan itu, lanjut Amiruddin sebagai aparatur Kemenag,  diharapakan bukan hanya melaksanakan tugas rutin namun harus melakukan inovasi, dalam strategi menjawab dinamika kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kita yakin dengan koordinasi yang baik, akan mampu menjalankan visi dan misi secara optimal semoga rapat kerja ini bukan hanya sebatas menyusun rencana program, akan tetapi lebih dari itu adalah mencari solusi yang tepat dan dibenarkan oleh perundang-undangan atas kendala dan tantangan yang dihadapi sehingga program-program yang dilaksanakan bisa mencapai sasaran," tutupnya.

Sementara Ketua KKG-MI Provinsi Aceh, Fadli SPd melaporkan, jumlah peserta dalam rapat kerja wilayah tahun 2021 sebanyak 70 orang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara  KKG-MI dari 23 kabupaten/kota, adapun sumber anggaran berasal dari Madrasah Ibtidaiyah masing-masing utusan dan sebagian peserta menggunakan dana mandiri.

Fadli menjelaskan, rapat kerja yang berlangsung selama tiga hari itu berakhir pada Sabtu (10/04/2021) dan  telah melahirkan lima rekomendasi yang akan disampaikan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Berikut rekomendasi yang dihasilkan pada Rakerwil  KKG-MI Provinsi Aceh 2021

  1. KKG-MI Provinsi Aceh memohon kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh untuk mengakomodir sertifikat yang dikeluarkan oleh KKG-MI baik dari kabupaten/kota maupun Provinsi untuk diakui sebagai angka kredit dalam kenaikan pangkat guru," ujar Fadli.
  2. KKG-MI Provinsi Aceh memohon kepada Kakanwil Kemenag Aceh untuk menganggarkan biaya kegiatan kolektif guru melalui wadah KKG-MI Provinsi Aceh atau kabupaten/kota dalam DIPA tahun 2022.
  3. KKG-MI Provinsi Aceh Memohon kepada Kakanwil Kemenag Aceh untuk mengesahkan AD/ART KKG-MI Provinsi Aceh yang telah disusun,
  4. KKG-MI Provinsi Aceh berharap agar Kakanwil Kemenag Aceh mengarahkan Kakankemenag kabupaten/kota agar mengesahkan AD/ART .
  5. KKG-MI Provinsi Aceh berharap agar Kakanwil Kemenag Aceh mendukung besaran iuran anggota KKG-MI se-Provinsi Aceh yang sudah disetujui pada rakerwil.


Pada akhir Rakerwil, semua peserta melakukan kunjungan dan orientasi lapangan pada MIN 20 Aceh Besar , peserta meninjau pustaka digital di sekolah setempat sebagai upaya peningkatan literasi sekolah, kunjungan  tersebut diterima langsung oleh kepala madrasah, Adriah SPd MAg.


Penulis : Baihaki