Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SMAN 1 Matangkuli Sabet Tiga Penghargaan Festival Potret Cerita Kurikulum Merdeka

humannesia.com / BANDA ACEH - SMA Negeri 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara kembali menorehkan prestasi. Kali ini pada even Festival Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2024. 

SMAN 1 matangkuli juara

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek RI melalui Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh itu berlangsung pada Rabu (3/7/2024).

Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Khairuddin MPd pada Kamis (4/7) mengatakan, puncak Festival Potret Kurikulum Merdeka sekolah yang ia pimpim mendominasi perolehan penghargaan.

Kata Khairuddin, ada tiga dari tujuh penghargaan Potret Cerita Kurikulum Merdeka yang diterima oleh SMA Negeri 1 Matangkuli.

"Pertama, juara video guru diraih oleh Roslaini SPd mengangkat cerita tentang peran komunitas belajar di sekolah," sebut Khairuddin.

Selanjutnya yang kedua, juara video siswa diraih oleh Karina Amelia, mengangkat cerita tentang kebermanfataan pelaksanaan P5 di sekolah.

Kemudian yang ketiga, juara video wali murid diraih oleh Ibunda dari siswi Raysha Malika Saragih, mengangkat cerita tentang perkembangan belajar anak melalui kegiatan literasi dan numerasi di sekolah.

Khairuddin menyampaikan, rasa syukurnya atas perolehan prestasi yang diraih sekolahnya itu.

“Penghargaan potret cerita Kurikulum Merdeka ini punya seluruh warga sekolah. Kami membangun cerita itu bersama. Tentu relatif mudah menceritakan apa yang memang dilakukan," ujarnya.

Lebih lanjut kata Khairuddin, sedikit dari cerita itu diabadikan termasuk dalam festival ini. Semoga kami dan banyak sekolah lain dapat saling membangun ekosistem fastabiqul khairat.

Ditambahkannya, Festival Potret Cerita Kurikulum Merdeka ini sendiri merupakan pelaksanaan tahun kedua yang diikuti secara antusias oleh banyak sekolah.

Festival yang memperlihatkan keragaman dan pengayaan implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dilakukan di berbagai daerah. 

"Melalui kegiatan ini, harapannya satuan pendidikan, guru, murid, orang tua murid yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dapat saling berbagi praktik nyata yang relevan dan bermakna," ucap Khairuddin.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik).Aceh Marthunis ST DEA yang ikut menyaksikan penyerahan penghargaan di BPMP Provinsi Aceh menyampaikan, apresiasinya bagi seluruh sekolah yang memperoleh penghargaan, khususnya kepada SMA Negeri 1 Matangkuli. 

"Hendaknya banyak sekolah tampil ke depan untuk saling memberi inspirasi sehingga menguatkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka," pesan Marthunis.(***)

Kontributor : Baihaqi