Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa SLB Banda Aceh dan Aceh Besar Raih Juara Umum Lomba 02SN, LKS dan FLS2N Tingkat Provinsi

humannesia.com / BANDA ACEH - Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar keluar sebagai juara umum lomba Olimliade Olahraga Siswa Nasional (02SN), Lomba Kompetensi Siswa (LKS) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu secara daring.

Juara SLB Aceh

Pengumuman dan pembagian ketiga jenis lomba tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Aceh pada Minggu malam (7/7/2024).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Marthunis bersama Kabid GTK, Muksalmina dan Kabid Sarpras, Sya'baniar menyerahkan langsung hadiah kepada siswa yang meraih juara.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni mengapresiasi atas keberhasilan siswa SLB di wilayahnya itu keluar sebagai juara umum.

"Selamat kepada anak-anak kami yang meraih juara satu sekaligus mewakili Aceh ke tingkat nasional lomba 02SN, LKS dan FLS2N pada Agustus 2024 bulan depan di Jakarta," ujar Syarwan.

Kata Syarwan, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau sering disebut "Anak Emas" memiliki talenta di bidangnya masing-masing.

Talenta tersebut bisa muncul ke permukaan hingga meraih prestasi berkat dedikasi dan didikan kepala sekolah dan dewan guru Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK).

Lebih lanjut Syarwan menyebutkan, juara satu siswa dari Banda Aceh dan Aceh Besar pada 02SN cabang lomba Balap Kursi Roda atas nama Rahmat Mulia dari SLBN Banda Aceh, Bulu Tangkis Tunggal yaitu, Nanda Firyal dari SLB-B YPAC Banda Aceh.

"Cabang lomba Catur yakni, Annisa Salsabila dari SLB  Bukesra Banda Aceh, Lari 100 Meter atas nama Muhammad Abrar Akbar asal SLBN Jantho menjadi yang terbaik," sebut Syarwan.

Kemudian cabang lomba Lempar Turbo diraih oleh Riski Maulana dari SLBN Banda Aceh serta Tenis Meja atas nama M. Fadir asal SLBN Jantho.

Sementara itu ungkap Syarwan, pada LKS juara satu cabang lomba Karya Kayu diraih Ahmadani, Membatik atas nama Fira Rosarnita, Tata Kecantikan oleh Salsabila Nuraliza, Tekonologi Informasi dan Komunikasi, yaitu Alya Aqilla, keempatnya berasal dari SLBN Pembina Provinsi Aceh.

"Firda Umaiya cabang lomba Tata Busana dari SLB-B YPAC satu-satunya peraih juara satu LKS dari Banda Aceh selain Aceh Besar," tutur Syarwan.

Demikian juga halnya pada FLS2N, cabang lomba Melukis SDLB diraih Annisa Syakira dari SLBN Pembina Provinsi Aceh, Melukis SMPLB atas nama Nayla Annisa Jurianto dari SLB-B YPAC Banda Aceh.

Berikutnya cabang lomba Menyanyi SMPLB diraih oleh Hikmah dari SLBN Jantho dan Pantomim atas nama Yoga Darmawan Kudadiri dari SLBN Pembina Provinsi Aceh.

"Dengan perolehan juara satu tersebut, maka ditetapkan Banda Aceh dan Aceh Besar juara umum 02SN, LKS dan FLS2N tingkat provinsi tahun 2024," ungkapnya.

Syarwan mengharapkan, bagi anak-anak kami yang akan berlomba di tingkat nasional, kita do'akan semoga mereka bisa meraih juara seperti telah dibuktikan tahun lalu dengan membawa medali emas.

Sementara itu, Kepala SLBN Jantho, Nilawati yang juga Ketua MKKS SLB Provinsi Aceh periode 2023-2025 mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh anak kami dari SLB Banda Aceh dan Aceh Besar yang selama ini telah tekun untuk berjuang.

"Selamat melangkah ke tingkat nasional, terima kasih saya ucapkan kepada Kepala SLB Banda Aceh dan Aceh Besar, guru pembimbing yang telah berhasil membimbing mereka hingga meraih prestasi yang gemilang," ucap Nilawati.

Hal yang sama disampaikan Kepala SLBN Pembina Provinsi Aceh, Yossi Novianti yang merasa sangat bangga dengan prestasi peserta didiknya, semoga meraih juara di tingkat nasional.(***)

Kontributor : Baihaqi