Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kadisdik Lantik Pengurus MKKS SLB Provinsi Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Marthunis ST DEA melantik Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Luar Biasa (SLB) Provinsi Aceh periode tahun 2023-2025.

Pengurus MKKS SLB Aceh
Kadisdik, Marthunis foto bersama dengan Pengurus MKKS SLB Provinsi Aceh setelah pelantikan di Aula Disdik Aceh.

Pelantikan yang dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Mahakarya (UMMAH) Aceh, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Disdik Aceh dan sebagian Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah itu berlangsung di Aula Disdik Aceh, Minggu malam (7/7/2024).

Diawali sambutan dari Rektor UMMAH Aceh, Dr Muharrir Asy'ari Lc MAg menyampaikan, ucapan selamat kepada para pengurus MKKS SLB Provinsi Aceh terpilih yang baru saja dikukuhkan. 

"Semoga amanah yang diberikan ini dapat dijalankan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Aceh," ujar Muharrir.

Ia menjelaskan, UMMAH merupakan universitas satu-satunya di Aceh yang memiliki program studi pendidikan khusus, dan ini untuk memfasilitasi kebutuhan dan tantangan Aceh ke depan terhadap kurangnya guru berlatar belakang pendidikan khusus yang mengajar di SLB.

Kami juga menyediakan program yang dirancang khusus untuk memberikan kemudahan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme. 

"Oleh karena itu, saya mengajak para guru untuk memanfaatkan kesempatan ini demi pengembangan diri dan peningkatan kualitas pendidikan di Aceh," ucap Muharrir.

Rektor berharap, dengan adanya program ini akan semakin banyak guru berkualitas yang mampu memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak berkebutuhan khususnya di Aceh.

Sementara Kadisdik Aceh, Marthunis mengatakan, pentingnya peran MKKS SLB sebagai forum musyawarah yang vital bagi para kepala SLB dalam menghadapi berbagai persoalan dan mencari solusi bersama.

"MKKS SLB Provinsi Aceh diharapkan menjadi wadah untuk memajukan penyelengggaraan pendidikan untuk peserta didik dengan kebutuhan khusus, seperti tunanetra, tunarungu dan tunawicara, tunadaksa, tunalaras, tunaganda dan anak ter belakangan," ujar Marthunis singkat.

Adapun Pengurus MKKS SLB Provinsi Aceh yang dikantij adalah, Nilawati SPd (Kepala SLB Jantho Aceh Besar) sebagai ketua, Mashadi SSi MLing (Kepala SLB Baital Ilmi Pidie Jaya) sebagai wakil ketua.

 Sedangkan Yossi Novianti SE SPd (Kepala SLBN Pembina Provinsi Aceh) menjabat sekretaris dan Sarjan Ibrahim (Kepala SLB Blang Jrun Aceh Utara) dipercayakan sebagai bendahara.

Dalam pengurusannya, Nilawati dibantu oleh sepuluh ketua bidang lainnya seperti bidang adminisrasi dan kesekretariatan, organisasi dan kelembagaan, serta bidang perencanaan dan program.

Kemudian ada bidang akademik, pengembangan SDM, Kominfo, sosial dan kesejahteraan anggota, pengembangan PDBK, sarana dan prasarana serta bidang kekhususan.(***)


Kontributor : Baihaqi