Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kadisdik Apresiasi UT Aceh Gagas Program Aneuk Aceh Harus Sarjana

humannesia.com / BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis ST DEA membuka kegiatan sinergisitas Universitas Terbuka (UT) Aceh bersama Pemerintah Aceh dalam rangka mewujudkan program "Aneuk Aceh Harus Sarjana."
Apresiasi Kadisdik Aceh UT

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Ayani Kota Banda Aceh ini turut diikuti pejabat eselon III di lingkungan Dinas Pendidikan Aceh, diantaranya Kepala Bidang GTK, Kepala Bidang SMK, Kepala UPTD PTKK Aceh, dan seluruh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah, Sabtu (08/06/2024).

Kadisdik Aceh, Marthunis dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas inisiatif UT Aceh yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anak Aceh untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau.

Ia menekankan, bahwa UT Aceh menjadi salah satu alternatif utama bagi lulusan SMA dan SMK di Aceh untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

"UT Aceh merupakan salah satu pilihan kampus yang sangat baik bagi anak-anak Aceh. Biaya kuliah yang terjangkau serta pengakuan resmi dari lembaga berwenang menjadikannya pilihan yang tepat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah untuk melanjutkan pendidikan demi peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan di Aceh," ujar Marthunis.

Marthunis juga mengajak seluruh internal Disdik Aceh untuk mengambil bagian dalam program ini, demi tercapainya tujuan pendidikan yang lebih baik.

"Kami sepakat bahwa anak Aceh harus sarjana. Program ini adalah langkah nyata untuk mewujudkan impian tersebut," ungkapnya.

Marthunis berharap, kegiatan sinergisitas ini dapat memperkuat kolaborasi antara UT Aceh dan Pemerintah Aceh dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Aceh.

Direktur Universitas Terbuka, Syamsuri SIP mengatakan, sesuai dengan wewenang yang diberikan oleh Kemdikbudristek untuk ikut menaikkan APK-PT yang masih 32%, sehingga seluruh UT daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum untuk meningkatkan jumlah mahasiswa.

Oleh karena itu ujarnya, UT mencanangkan program dengan jargon sekaligus menjadi visi "Aneuk Aceh Harus Kuliah".

Saat ini Trend di masyarakat masih tertanam "Kuliah ya Ngampus" masih menjadi tantangan tersendiri buat UT saat melakukan sosialisasi langsung ke siswa yang selalu memompa kepercayaan diri anak-anak agar mereka mencoba meraih jatah kursi kuliah di PTN yang telah diidam-idamkannya.

"Kami berharap dengan adanya program sosialisi dan kerja sama dengan Disdik Aceh selaku stake holder yang membawahi SMA dan SMK dapat meningkatkan minat siswa lulusan SMA dan SMK untuk melanjutkan pendidikan perkuliahan sehingga APK-PT dapat naik secara signifikan," ucap Syamsuri.

Syamsuri menambahkan, UT akan terus menyapa dengan cara mengingatkan anak-anak generasi saat ini baik yang sudah berminat kuliah namun tidak lulus pada tes masuk PMB-PTN maupun lulus SMA/SMK yang niat kuliahnya sangat rendah bahkan tidak ada niat kuliah sama sekali.

"Semoga saja dengan memperkenalkan UT sebagai PTN kuliah fleksibel, bisa kuliah sambil bekerja, biaya terjangkau, ijazahnya negeri serta dapat digunakan sebagai dasar melamar pekerjaan terutama CPNS," ungkapnya.

Syamsuri juga menyampaikan, terima kasih kepada UT Pusat yang telah mengutus Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Universitas Terbuka, Ali Tarigan SE, beliau salah satu pemateri yang telah banyak mengedukasi konten-konten menarik perhatian anak-anak melineial dan Gen-Z.(***)

Kontributor : Baihaqi