Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kacabdisdik Simeulue Berikan Sertifikat ke Sekolah Terbanyak Lulus SNBP dan Santunan Anak Yatim



humannesia.com / SINABANG - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Kepala Cabang Dinas (Kacabdisdik) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd MSi memberikan sertifikat kepada sekolah terbanyak meluluskan siswanya pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan terbaik rapor pendidikan serta memberikan santunan ke sebelas orang anak yatim.


Upacara yang diikuti 35 satuan pendidikan jenjang SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Simeulue dihadiri pengawas, kepala sekolah dan dewan guru dengan mengenakan pakaian adat itu berlangsung di SMA Negeri 1 Teupah Barat, Kamis (2/5/2024).

Kacabdisdik Wilayah Simeulue, Al Amin yang menjadi inspektur upacara dalam amanatnya selain membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI juga menyampaikan, Hari Pendidikan Nasional adalah momentum penting yang memperingati lahirnya semangat kebangkitan pendidikan di Indonesia.

Pada tanggal 2 Mei setiap tahun Indonesia merayakan kekayaan intelektualnya serta menggugah semangat untuk terus memajukan sistem pendidikan demi masa depan yang lebih cerah.

"Perayaan ini mengingatkan kita akan pentingnya memberikan pendidikan yang berkualitas pada setiap anak bangsa selaku penerus sekaligus sebagai pondasi bangsa," ujar Al Amin.

Ia menjelaskan, Hardiknas merupakan hari besar nasional, namun peringatan ini tidak termasuk dalam jadwal libur nasional.

Namun katanya, penetapan Hardiknas sebagai hari nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959.

'Tanggal 2 Mei dipilih karena merupakan tanggal lahir Bapak Pendidikan Nasional, yaitu Ki Hadjar Dewantara," sebut Al Amin.

Lebih lanjut Kacabdisdik Wilayah Simeulue manyampaikan, Hardiknas dijalankan dengan pijakan pada nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

"Peringatan Hardiknas bertujuan untuk memotivasi masyarakat Indonesia dalam mendukung dan memajukan sistem pendidikan demi masa depan yang lebih cerah," ungkapnya.

Kemudian ditambahkannya, agar mengingatkan kita akan pentingnya memberikan pendidikan yang berkualitas pada setiap anak bangsa selaku penerus sekaligus pondasi bangsa.

Al Amin menyebutkan, sekolah terbanyak meluluskan SNBP yakni, SMAN 1 Sinabang, SMAN Teupah Barat, SMAN 1 Simeulue Tengah, SMAN 3 Simeulue Barat, SMAN 1 Salang dan SMAN 3 Simeulue Tengah.

"SMAN 1 Sinabang, SMAN 2 Sinabang, SMAN 3 Sinabang, SMAN 1 Teupah Dalam, SMAN 1 Teupah Selatan, SMAN 3 Simeulue Tengah, SMAN 1 Teupah Selatan, SMKN 1 Teupah Selatan, SMA I Tandan SLBN Simeulue merupakan terbaik rapor pendidikan," sebut Al Amin.

Setelah selesai upacara dilanjutkan penyerahan sertifikat kepada sekolah yang banyak meluluskan SNBP dan terbaik rapor pendidikan yang diterima oleh masing-masing kepala sekolah serta memberikan santunan kepada anak yatim.(***)

Kontributor : Baihaqi