Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurusan Kimia FKIP USK Tandatangan Kerjasama dengan SMAN 1 Setia Bakti

humannesia.com / CALANG – Ketua Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) bersama dosen dan mahasiswa mengunjungi SMA Negeri 1 Setia Bakti kabupaten Aceh Jaya, Senin (4/12/2023).

MOU JURUSAN KIMIA USK

Kehadiran mereka bertujuan untuk melakukan bakti sosial sekaligus penandatangan kerjasama antar kedua belah pihak, penandatangan kerjasama ditandatangani secara langsung oleh Dr. Drs. Syahrial, M.Si Ketua Jurusan Kimia FKIP USK dan Maswadi, S.Pd Kepala SMA Negeri 1 Setia Bakti.

Ketua Jurusan Kimia Dr. Drs. Syahrial, M.Si,. menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan merupakan salah satu usaha dari jurusannya, agar dapat bersinergi dengan pihak sekolah dalam rangka implementasi pelajaran kimia dan efektiftas penggunaan laboratorium kimia di sekolah.

" Kami berharap dengan kerjasama ini membawa manfaat kepada kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, khususnya dibidang pendidikan kimia" Ujarnya.

Dr. Syahrial, juga berharap agar pihak sekolah dapat menyampaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh sekolah, sehingga kedepan pihaknya dapat memberikan solusi baik secara langsung maupun tidak langsung.

" Jika ada kendala dalam proses pembelajaran dan praktek pendidikan kimia di sekolah, tolong disampaikan kepada kami, Insya Allah, kami siap memberikan solusi, baik secara virtual atau jika memungkinkan kita akan kembali lagi kesini secara langsung " ucapnya kepada  pihak sekolah.

Pada kesempatan tersebut, mereka juga melakukan bakti sosial dengan tujuan guru dan laboran kimia di sekolah semakin mahir dalam mengelola laboratorium.

“ Kehadiran kami bukan untuk membantu, tapi untuk mendampingi guru di sini agar keberadaan laboratorium kimia dapat digunakan secara maksimal dalam pembelajaran ” ujar Dr. Syahrial.

Dr. Syahrial melanjutkan, pada bakti sosial tersebut mereka juga memberikan contoh-contoh dan demonstrasi praktikum sederhana, tanpa perlu menggunakan peralatan-peralatan yang mahal harganya.

“ Kita juga ingin memastikan agar bahan-bahan kimia yang ada dilaboratorium, dalam kondisi aman dan tidak salah digunakan, karena sebagian bahan sangat berbahaya dan dapat menghasilkan racun” jelasnya

Selain itu kehadiran mereka, para dosen dan mahasiswa juga melakukan pendampingan dalam menyusun berbagai alat kimia sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasinya, sehingga sesuai jenis dan peruntukan dari berbagai bahan dan alat yang ada.


Maswadi, menyambut baik kehadiran para insan cendikiawan kampus tersebut, menurutnya bakti sosial yang dilaksanakan sangat membantu guru kimia dan tenaga laboran di sekolahnya dalam hal penataan peralatan laboratorium serta cara efektif dalam melakukan praktek untuk pembelajaran,

“ Alhamdulillah, kami merasa bangga dan sangat bersyukur atas kehadiran para dosen dan mahasiswa pendidikan kimia ke sekolah kami, dengan hadirnya mereka, laboratorium kami jadi tertata dengan baik, serta guru dan laboratorium kami mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan yang luar biasa tentang cara praktek dan penggunaan alat dan bahan yang ada ” ujarnya.

Maswadi berharap, dengan adanya penandatangan kerjasama yang sudah dilakukan agar para dosen dan mahasiswa dapat kembali melakukan bakti sosial di sekolah nya, atau juga dapat mengirimkan beberapa mahasiswa untuk melaksanakan Program Praktek Lapangan (PPL) nantinya.

Ikut hadir pada Bakti Sosial tersebut, Dosen Muda Dr. Rahmad Rizki Fazli, S.Pd,. M.Pd, Firdausi Nuzula, S.Pd, Risfan Fauzatul Alsa, Cut Alva Zadia, Liska Nova Febriani, S,Pd, Ade Ika Resvita Nasution, dan Alexandro Daffa Nunana.


Kontributor : Ade. M