Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pj. Bupati Apresiasi Pelatihan Nasional IGI Aceh Jaya dalam rangka HGN dan HUT IGI ke-14

humannesia.com / CALANG – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Jaya bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Jaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  Kementerian Agama Aceh Jaya dan Bank Aceh Syariah Cabang Calang Aceh Jaya menggelar kegiatan Pelatihan Nasional “Pemanfaatan Quizizz Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” di Aula Media Center Setdakab Aceh Jaya, Kamis (23/11/2023).

IGI Aceh Jaya Pelatihan Nasional
Dok. Foto Bersama Pengurus IGI Aceh Jaya, Duta Teknologi 2023, Asisten II Setdakab, Perwakilan Bank Aceh Syariah, dan Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program Pelatihan Serentak Berdampak, yang diprakarsai oleh pengurus pusat Ikatan Guru Indonersia dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Guru Indonesia (IGI) Yang Ke-14.

Ketua IGI Aceh Jaya Maswadi melaporkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 251 guru se-Indonesia dan akan berlangsung selama 3 hari sejak 23 – 25 November 2023.

“ Alhamdulillah, sebenarnya kami menargetkan 100 peserta yang ikut pelatihan, namun antusiasnya guru diberbagai daerah se-Indonesia dan sesuai data pendaftaran terakhir yang kami terima, peserta mencapai 251 orang“ jelas Maswadi

Maswadi merincikan Sebagian peserta bukan hanya berasal dari Aceh, namun ada juga yang berasal Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, NTT, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

“Selamat bergabung para guru se-Indonesia, Insya Allah melalui pelatihan ini semua peserta akan menerima manfaat dan pengetahuan yang luar biasa dari Master Quizizz Indonesia, yang nantinya menjadi bekal dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka” tambah Maswadi

Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr.Nurdi, S.Sos, M.Si dalam pidatonya yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joni Saputra menyampaikan apresiasinya kepada pengurus IGI Aceh Jaya atas terselenggarakannya pelatihan nasional yang diikuti oleh ratusan guru se-Indonesia.

“ kami sangat mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan oleh pengurus IGI Aceh Jaya selama ini untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya di Aceh Jaya “ ujarnya

Dr.Nurdin menambahkan bahwa IGI Aceh Jaya telah berhasil melahirkan para guru-guru hebat yang mampu berbagi kepada para guru lainnya, bukan hanya untuk guru Aceh Jaya, namun juga untuk guru lain se-indonesia, sebagaimana yang dilaksnakan saat ini.

“ Kami Bangga, mayoritas pengurus IGI Aceh Jaya adalah guru-guru berprestasi, memiliki kompetensi yang sangat mumpuni dibidang IT dan literasi, mereka adalah guru hebat, potensial dan millenial, sehingga menjadi aset yang sangat berharga bagi Aceh Jaya” Ujarnya

Dr. Nurdin berharap keberadaan igi sebagai salah satu organisasi profesi guru yang fokus terhadap teknologi dan literasi agar terus berkiprah dan berkontribusi bersama-sama membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Pelatihan tersebut dipandu oleh Duta Teknologi Aceh Tahun 2023 Abubakar, S.Pd. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah para Master Trainer Quizizz Indonesia komunitas IGI Aceh Jaya yang telah mendapatkan lisensi resmi dari Quizizz pada program Super Trainer 2023.

Mereka adalah Ernal Nofiandri, S.Pd,.M.Pd.T, Viza Suhanna, S.Pd, M.Pd, M.TESOL, dan Ulul Azmi, S.Pd.I.


Kontributor : Ade.M