Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Duta Teknologi Kemdikbud jadi Pembina Upacara HGN di SMAN 1 Teunom

humannesia.com / TEUNOM - Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, SMA Negeri 1 Teunom Aceh Jaya menggelar upacara di sekolah setempat, Sabtu (25/11/2023).


Duta Teknologi Kemdikbudristek 2023 provinsi Aceh Abubakar, S.Pd yang juga menjabat sebagai wakil ketua IGI Aceh Jaya diamanahkan untuk Pembina Upacara, sekaligus membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Dalam sambutan tersebut Nadiem menyampaikan pesan motivasi untuk terus melanjutkan gerakan Merdeka Belajar. Dia meyakini bahwa Merdeka Belajar akan tetap bertahan.

"Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar," tulis Nadiem

Pada tahun terakhirnya menjabat sebagai Mendikbudristek, Nadiem Makarim menuliskan bahwa dirinya tidak dapat menyembunyikan kesedihan akan kerinduannya untuk bertemu dengan para guru pada tahun-tahun mendatang.

Namun Nadiem menambahkan bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan.

"Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional Tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia," tuturnya.

Adapun tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Peringatan HGN tahun ini juga merupakan ruang apresiasi kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam Merdeka Belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Kepala SMA Negeri 1 Teunom Teuku Irwansyah, S.Pd yang sedang berada di Gayo Lues dalam rangka mengikuti peringatan HGN tingkat provinsi Aceh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Duta Teknologi Aceh 2023 beserta para keluarga besar SMAN 1 Teunom yang sudah menyukseskan upacara di sekolahnya.

Setelah kegiatan upacara, pengurus OSIS SMAN 1 Teunom menyiapkan nasi tumpeng yang dipotong secara bersama, selain itu mereka juga mengadakan aneka lomba yang dikuti oleh semua guru.

Mereka juga mempersembahkan dan membacakan puisi penuh hari dan memberikan bingkisan khusus kepada semua guru sebagai ucapan terima kasih atas jasa yang telah diberikan guru selama ini terhadap mereka.

Kontributor : Hafizh