Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikan Edukasi ke Anak Berkebutuhan Khusus, SLB YBSM Ajak Muridnya ke Arena PKA

humannesia.com / BANDA ACEH - Dalam upaya mengedukasikan nilai-niali budaya kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Guru bersama murid SLB YBSM Banda Aceh yang terdiri dari kelas IV, V, VII SDLB, dan pelajar kelas VIII, IX, X SMPLB serta siswa kelas  dan X, XI, XII SMALB melakukan kunjungan ke arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)- 8.

SLB Aceh ke pka

Kunjungan ke arena PKA di Taman Ratu Safiatuddin itu mengangkat teman "Mengenal Budaya Aceh" berlangsung pada Selasa (7/11/2023).

Kepala SLB YBSM Banda Aceh, Asmahani SPd mengatakan, kegiatan itu sesuai guna mengimplentasikan mata pelajaran PPKn.

"Selama ini anak-anak hanya mengenal teorinya saja, namun rangkaian kegiatan ini yang bertepatan dengan event PKA-8, anak-anak dapat melihat dan merasakannya secara langsung," kata Asmahani.

Kepala sekolah menjelaskan, diawali guru anak-anak SLB YBSM melakukan perjalanan ke lokasi PKA dengan menggunakan bus Transkutaraja. 

Kemudian katanya, anak-anak diperkenalkan tentang budaya dan adat istiadat dari masing-masing daerah dengan mengunjungi langsung beberpa anjungan   dari berbagai daerah yang ada di Aceh. 

"Di Anjungan Kabupatem Aceh Selatan terlihat anak-anak sangat antusias dalam mengenal, melihat dan mendengar tentang adat dan budaya yang ada di dengan julukan Negeri Tuan Tapa melalui penjelasan dari petugas anjungan itu," ujar Asmahani.

Kemudian manfaat lain adalah, anak-anak beserta dewan guru mengabadikan momen dengan foto di setiap anjungan yang dikunjungi dan juga anak-anak beserta dewan guru ikut berpartisipasi di anjungan Kabupaten Gayo Lues.

"Anak-anak merasa sangat gembira karena bersama dewan gurunya ikut bernyanyi di panggung utama Anjungan Gayo Lues yang lebih dikenal dengan julukan Negeri Seribu Bukit," ungkap Asmahani.(***)


Penulis : Baihaqi