Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luar Biasa, GSI Aceh Lolos ke 16 Besar Nasional

humannesia.com / BOGOR - Provinsi Aceh tampil pada Gala Siswa Nasional (GSI) di tingkat nasional yang diwakili tim dari SMP Negeri 3 Kota Langsa berlangsung dari tanggal 16 sampai 29 Oktober 2023 di Kabupaten Bogor.

GSI Aceh 2023

Berdasarkan undian, tim Aceh berada di group E bersama Kalimantan Barat, Lampung dan Gorontalo.

Kepala SMP Negeri 3 Langsa, Sopian kepada media ini, Sabtu (21/10) mengatakan, tim dari Aceh diwakili dari beberapa sekolah di Aceh menempati Lorin Hotel Sentul Kawasan Sirkuit Sentul Internasional Exit Toll Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, tim Aceh melaju ke 16 besar usai mengalahkan Kalimantan Barat dengan skor 3-1, melawan Gorontalo menang telak 4-0, dan Aceh kalah lawan Lampung dengan skor 1-2," sebut Sopian.

Namun katanya, Aceh berhak mendapatkan ticket ke 16 besar karena telah memenangkan dua laga dengan 6 poin.

Sopian menjelaskan, tim GSI dari Aceh terdiri dari 12 siswa dari SMP Negeri 3 Langsa, kemudian 1 orang siswa dari masing-masing SMP Negeri 1 Idi Aceh Timur, SMP 6 Banda Aceh, SMP Negeri 3 Meukek Aceh Selatan, SMP Negeri 2 Bendahara Aceh Tamiang, SMP Negeri Wih Pesam Bener Meriah dan SMP Negeri 6 Lhokseumawe.

"Mereka semua adalah tim GSI Aceh hasil seleksi di tingkat provinsi yang didominasi siswa dari SMP Negeri 3 Langsa karena meraih juara pertama," ujarnya.

Sopian mengharapkan do'a dan dukungan dari masyarakat Aceh agar tim GSI Aceh yang sedang berlaga di tingkat nasional bisa memenangkan di pertandingan 16 besar sehingga bisa melaju ke 8 besar, semifinal hingga final.

Sementara pelatih GSI Aceh, Saiful Bahri mengatakan, anak-anak sudah berjuang habis-habisan dan telah membuktikan diri sebagai pemenang.

“Demikian juga kita jangan terlalu gembira setelah masuk 16 besar, kita akan menghadapi tim tangguh dari provinsi lain,” katanya.

Saiful menyampaikan, sesuai jadwal yang diberikan panitia, besok kita libur satu hari. Kami berharap anak-anak dapat memanfaatkan libur ini untuk istirahat dan memulihkan tenaga setelah tiga pertandingan dilalui.

Selanjutnya, untuk menghadapi pertandingan di 16 besar melawan Jawa Tengah, kita akan ada melakukan perubahan sedikit strategi. Hal ini untuk antisipasi hal-hal yang mungkin terjadi.

"Apalagi saat ini kondisi cuaca sangat panas dan sangat rentan pemain cedera. Do'akan semoga kita  bisa menang di babak 16 besar," pungkas Saiful.(*)

Penulis : Baihaki