Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa SMAN 7 Banda Aceh Raih Medali Emas dan Perak di IID Tingkat Internasional

humannesia.com / BANDA ACEH -  Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh kembali menorehkan hasil gemilang di event internasional. Sebab, siswa dari sekolah tersebaut mamapu menyabet medali emas dan perak pada ajang Indonesia Inventors Day (IID).

SMAN 7 Banda Aceh juara

Indonesia Investor Day berlangsung di Aston Hotel Kota Denpasar, Provinsi Bali, tanggal 16-19 September 2023 yang diselenggarakan oleh INNOPA

(Indonesia Invention and Innovation Promotion Associatian) dengan President of Innopa, Erricha Insan Praktisi.

Kegiatan itu diikuti oleh 33 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, India, UEA, Taiwan, Korea Selatan dengan memamerkan 350 project dan di bagi dalam tiga kategori lomba masing-masing, STEM, IYIA dan WINTEX.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM diwaklili Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni MPd saat menyambut kepulangan mereka di Bandara Sultan Iskandar Muda, Kamis (21/9/2023) mengatakan, sangat bangga dan terharu atas prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh.

"Saya merasa bangga dan terharu karena siswa kita bisa membuktikan dan mampu bersaing di tingkat internasional, apalagi dapat menyabet medali emas dan perak," kata Syarwan.

Atas nama Dinas Pendidikan Aceh, Syarwan mengucapkan selamat kepada siswa yang meraih medali di event internasional, dan terima kasih.kepada kepala sekolah serta guru pembimbing dari SMA Negeri 7 Banda Aceh.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 7 Banda Aceh, Dr Erlawana MPd yang ikut mendampingi siswa menjelaskan, sekolahnya menurunkan 2 tim masing-masing, tim 1 dengan judul "Formulation for Making Hand Soap From Durian (Durio Ziberthinus) Skin Waste.

Kata Erlawana, pemberian reward bagi para juara berlangsung tanggal 19 November 2023 di Werdhi Art central Building Ksirarnawa Hall, Denpasar.

Tim 1 ini meraih medali perak beranggotakan, Muhammad Sulthan Al Ghifari Davied, Muhammad Fathin Al Fawwaz, Teuku Ghalib Al Pasha,Nabilah Zahirah Putri Syr, Syifa Salsabila, Dzikra Isnaini, Abdi Reda Wira Pratama.

Sedangkan tim 2 ini berhasil meraih medali emas, dengan judul “Hand Body Lation 3 in 1 from Herb Pegagan (Ceutella Asiatica "L" Urban) Extract, anggotanya, Gibran Muhammad Ghizda, Muhammad Aizhiel, Muhammad Rafa Khairul, Fathin Ulfia Yumma, Airin Syarifah, Annisa Dhafira dan Zahratul Dwi Safrina.

"Terima kasih atas dukungan dan motivasi dari Kacabdisdik Banda Aceh Besar dan Aceh Besar, Syarwan Joni dan ucapan terima kasih juga kepada guru pembimbing, Fauzannur SPd dan Novris Suriani SPd," ucap Erlawana.

Lebih lanjut kepala sekolah menuturkan, SMA Negeri 7 Banda Aceh merupakan salah satu sekolah penggerak yang terus melahirkan prestasi baik di tingkat provinsi, nazional bahkan internasional.

"Semoga prestasi ini terus memotivasi siswa yang lain untuk melahirkan karya-karya nyata sehingga bisa meraih juara di berbagai bidang perlombaan," ungkap Erlawana.(***)

Penulis : Baihaki