Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa SMAN 1 Sinabang dari Kepualauan Simeulue Raih Tiga Juara Kategori FLS2N

humannesia.com  / BANDA ACEH - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 sudah usai dilaksanakan.

Siswa SMAN 1 Sinabang dari Kepualauan Simeulue Raih Tiga Juara Kategori FLS2N

Ajang pencarian bakat dan talenta bidang senidengan 11 cabang lomba itu diikuti 276 orang siswa dari 23 kabupaten/kota, ditutup secara resmi oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Dr Asbaruddin MEng di Hotel Grand Syariah Banda Aceh, Minggu (9/72023).

Dari 11 cabang lomba pada ajang FLS2N tersebut, siswi SMA Negeri 1 Sinabang dari kepulauan Simeulue mampu meraih juara satu tingkat provinsi pada cabang lomba monolog (seni pertunjukan).

Kepala SMA Negeri 1 Sinabang, Winda Safitri SPd MSi yang mengubungi redaksi media ini melalui telpon seluler mengatakan, siswinya berhasil meraih juara satu tingkat provinsi di ajang FLS2N yang dilaksanakan oleh Disdik Aceh.

"Alhamdulillah, ananda Chiwi Putri Annajah, kelas XII putri semata wayang dari pasangan Alwy Alhas dan Rosmawaty ini, berhasil menyabet gelar juara pertama lomba monolog," kata Winda.

Dikatakannya, yang membanggakan lagi SMA Negeri 1 Sinabang dari pesertata se-Aceh, hanya sekolah yang ia pimpin mendapat niminasi juara untuk tiga cabang lomba.

Disebutkan Winda, selain cabang lomba monolog, ada empat dua juara lainnya yang berhasil diraih siswanya yaitu, juara tiga gitar solo putra diraih M. Farid Hanafiah siswa kelas X5.

Kemudian juara tiga pada cabang lomba tari kreasi, diraih oleh Westi Sefniriliana Ziad siswa kelas X2.

Selanjutnya ada tambahan cabang lomba vokal solo putra, diraih oleh Afif Raihan siswa kls X3 meraih peringkat harapan satu dan Syahira Azzahwa Dafransta kelas X1 juga meraih juara harapan satu pada cabang lomba baca pusi.

"Kelimanya merupakan siswa bertalenta dari SMA Negeri 1 Sinabang Kabupaten Simeulue," ujarnya.

Winda Safitri menjelaskan, bagi juara satu otomatis akan mewakili Aceh ke tingkat nasional, kemudian yang masuk 10 besar berkesempatan tampil di tingkat nasional.

Karena, panitia di ajang pencarian bakat Kemdikbud Ristek akan menyeleksi vidio terbaik yang dinilai secara daring. FLS2N ini penilaiannya ada yang melalui daring dan ada yang luring.

"Selamat kepada kelima siswa kami yang meraih juara satu, juara tiga dan harapan satu di tingkat provinsi. Ucapan terima kasih kepada Karina Purwanti MPd yg merupakan kordinator tim FLS2N beserta para pelatih Arman, Andra, Pandu dan Robby yang ikut mendampingi tim dari Kabupaten Simeulue," ucap Winda.

Selanjutnya dia mengucapkan terima kasih kepada Wakil Kepala SMA Negeri 1 Sinabang Bidang Kesiswaan, Alvina SPd yang selalu setia menemani siswa selama berada di Banda Aceh serta guru pembimbing lainnya.

"Perjuangan bapak dan ibu guru yang telah mengantarkan siswa dari SMA Negeri 1 Sinabang ke tangga juara sebuah apresiasi yang patut saya sematkan," ungkap Winda.

Secara terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdiadik) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd MSi yang ikut hadir pada hari ini memberikan ucapan terima kasih atas perjuangan siswa SMA Negeri 1 Sinabang.

"Anak-anak kami merupakan duta dari kepulauan yang jauh dari ibu kota provinsi, namun mampu mengukir prestasi pada ajang FLS2N. Bahkan mampu mewakili Aceh ke tingkat nasional," ujarnya.

Al Amin mengharapkan, peserta yang akan mewakili Aceh ke tingkat nasional, diharapakannya agar kepala sekolah dan guru pembimbing teruslah melatih siswa tersebut sebelum berlaga di level yang lebih tinggi.

"Semoga Chiwi Putri Annajah nantinya bisa meraih juara di tingkat nasional, sehingga akan mengharumkan nama Aceh dan khususnya Pulau Simeulue di kancah nusantara," pungkasnya.(*)

Penulis : Baihaki