Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kembangkan Kerjasama dengan DUDIKA, SMKN 1 Al Mubarkeya Laksanakan Kegiatan Workshop Bersama Komite Sekolah dan Pihak Perusahaan

humannesia.com / JANTHO - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan, mempunyai misi atau tujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang mampu mengisi lapangan kerja

SMK Al Mubarkeya

 Selain itu, SMK harus berkualitas dan profesional sehingga mampu berperan sebagai alat unggulan bagi dunia usaha dan industri di Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Menjawab tantangan itu, SMK Negeri 1 Al Mubarkeya Aceh Besar melaksanakan workshop bersama komite sekolah dalam rangka pengembangan kerjasama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada di ruang praktik siswa program keahlian kuliner SMK Negeri 1 Al Mubarkeya, Rabu (26/7/2023).

Wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat dan industri SMK Negeri 1 Al Mubarkeya Fitriadi SPdI MPd menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar komite sekolah dapat membuka jaringan dengan DUDIKA dalam rangka pengembangan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) serta penempatan kerja untuk siswa dan alumni.

“Kita hadirkan komite sekolah agar pada kegiatan ini terjalin komunikasi dan relasi dengan DUDIKA dalam rangka pengembangan program kerjasama yang baik antara sekolah, komite dan DUDIKA," ujar Fitriadi.

Sementara itu, Sukmanil Fuadi SAg MPd selaku Kepala SMK Neheri 1 Al Mubarkeya dalam sambutannya ketika membuka kegiatan menyampaikan, kerjasama antara sekolah, komite dan DUDIKA adalah hal yang sangat mutlak dilakukan, karena kecakapan dan keterampilan lulusan SMK tergantung kepada tiga pihak tersebut.

“Agar lulusan SMK dapat meningkatkan kompetensi yang berkualitas, maka dalam pelaksanaan proses pembelajaran SMK dan DUDIKA serta Komite harus menjalin hubungan kerjasama yang baik," kata Sukmanil.

Dikatakannya, kegiatan hari ini adalah salah satu bukti dengan menghadirkan DUDIKA dan komite dalam satu forum diskusi, sehingga melahirkan berbagai kesepakatan yang nantinya menjadi dasar mebangun komunikasi lebih lanjut.

“Pada kegiatan ini kita menghadirkan DUDIKA dari PT. Civil Meugah Consultant, Grand Arabia Hotel serta perwakilan dari komite sekolah dan para ketua program keahlian. duduk dalam satu forum membahas kerjasama untuk pengembangan pendidikan vokasi di SMK Negeri 1 Al Mubarkeya," ucap Sukmanil.(***)

Laporan: Baihaqi