Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wakili Aceh ke Nasional, Siswi SMKN 2 Meulaboh Sabet Medali Emas di FLS2N Tingkat Provinsi

humannesia.com / BANDA ACEH - Festival dan Lomba Seni Siswa (FLS2N) 2023 tingkat Provinsi Aceh jenjang SMK resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM di Hotel Grand Syariah, Kota Banda Aceh,  Rabu malam (31/5/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut diikuti oleh 92 pelajar dari berbagai SMK di Aceh dengan beragam bidang lomba, seperti menyanyi solo, monolog, tari kreasi, dan cipta lagu.

Dalam sambutannya, Alhudri menyampaikan bahwa FLS2N merupakan ajang untuk menunjukkan bakat dan minat peserta didik SMK dalam bidang seni.

Seni adalah media untuk mengekspresikan rasa, emosi, dan pikiran manusia, serta menumbuhkan nilai-nilai estetika, kreativitas, dan daya cipta dalam kesenian.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap dapat memotivasi peserta didik SMK di Aceh untuk meningkatkan keterampilan seni," ujar Alhudri.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Aceh melalui bidang pembinaan SMK menyelenggarakan FLS2N Tahun 2023.

Pada cabang lomba monolog FLS2N tingkat provinsi itu, siswi SMK Negeri 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat berhasil menyabet medali emas.

Kepala SMK Negeri 2 Meulaboh, Tarmidhi S ST MSi kepada media ini mengatakan, siswinya berhasil meraih juara satu pada FLS2N cabang monolog sekaligus mewakili Aceh ke tingkat nasional.

"Khanza Awina, kelas X Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan adalah nama siswi yang berhasil menyabet medali emas," sebut Tarmidhi.

Awina merupakan salah seorang siswi berbakat dalam bidang monolog. Apalagi bakat itu diasuh oleh dua orang guru pembimbingnya yakni, Fani Faradina SPd dan Emidawati Siregar SPd.

"Berkat bimbingan dua orang guru inilah, akhirnya Awina mampu keluar sebagai juara satu yang menerima medali emas, sertifikat dan uang pembinaan sejumlah Rp.6.000.00," ujarnya.

Lebih lanjut Tarmidhi menjelaskan, SMK Negeri 2 Meulaboh mengirimkan dua bidang lomba dalam ajang  FLS2N yaitu, cabang lomba cipta lagu dan menolog

Sebab, ketika lomba FLS2N di tingkat Kabupaten Aceh Barat, SMK Negeri 2 mampu meraih juara satu di dua cabang lomba.

"Alhamdulillah cabang lomba monolog mampu keluar sebagai juara satu, dan prestasi ini sangat membanggakan bagi sekolah dan daerah," ujarnya.

Kepala SMK Negeri 2 Meulaboh berharap kepada Awina teruslah berlatih di bawah asuhan dua orang guru pembimbinya untuk persiapan berlomba di tingkat nasional.

Semoga Awina mampu menorehkan prestasi, sehingga bisa mengharumkan nama Provinsi Aceh di level nasional.

"Terima kasih kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah Aceh Barat, Abd Aziz SH MSi yang selama ini telah memotivasi guru dan siswa sehingga meraih prestasi yang gemilang," ucap Tarmidhi.(*)

Penulis : Baihaki