Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disdik Gayo Lues Selenggarakan Sosialisasi Penulisan Blangko Ijazah SD dan SMP

humannesia.com / BLANGKEJEREN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gayo Lues melaui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (Dikdas) menyelenggrakan sosialisasi penulisan blangko ijazah.

Disdik Gayo Lues

Sosialiasi bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam penulisan ijazah yang dihadiri Kepala SD dan SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Gayo Lues itu berlangsung di Aula Disdik setempat, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Disdik Gayo Lues, Anwar SPd MAP diwalili sekretaris, Zulkarnaen SPd MAP.

Sementara yang menjadi narasumber Kasi Kurikulum Dikdas Disdik Gayo Lues, Muhammad Yusuf MPd dan Usman Ali sebagai pelaksana Disdik setempat. 

Sekdis Zulkarnaen dalam sambutannya menyampaikan, dalam penulisan ijazah berpedoman pada peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kemdikbudristek RI nomor 008/H/EP/2023 tentang pedoman pengelolaan blangko ijazah pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2022/2023.

”Dalam menulis ijazah, data yang ditulis pada ijazah sudah final. Kepala sekokah yang hadir disini tentu ada yang sudah berpengalaman menulis ijazah," kata Zulkarnaen.

Namun dikatakatakannya, walaupun sudah di tunjuk tahun kemarin dan tahun ini di tunjuk lagi, mohon kehati-hatian dan tetap di perhatikan petunjuknya.

Hal senada juga di sampakan oleh Kasi Kurikulum Dikdas, Muhammad Yusuf yang juga Ketua PGRI Kabupaten Gayo Lues.

Yusuf menjelaskan, prinsip pengisian blangko ijazah dilakukan dengan kehati-hatian, efisiensi, efektif dan akuntabel.

"Pengisian ijazah dengan tulisan tangan yang benar, jelas, rapi, bersih dan mudah dibaca, menggunakan tinta warna hitam drawing pen," terangnya.

Jika terjadi kesalahan pengisian ijazah, tidak boleh dicoret, ditimpa atau dihapus, melainkan harus di ganti dengan blangko ijazah yang baru.

Lebih lanjut Yusuf menuturkan, kelulusan peserta didik jenjang SD dan SMP dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2023, pukul 00.00 WIB melalui luring atau daring.

Kemudian surat keterangan lulus diberikan sesuai tanggal pengumuman kelulusan dan mencantumkan sekurang-kurangnya rata-rata nilai ujian sekolah.

Selanjutnya penerbitan ijazah SMP tanggal 9 Juni 2023, sedangkan SD tanggal 10 Juni 2023, kedua ijazah itu untuk se-Kabupaten Gayo Lues.

"Sekolah tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan Ijazah dengan alasan apapun," tegas Yusuf.

Seusai dilakukan sosialisasi, dilanjutkan serah terima blangko ijazah SMP tahun pelajaran 2022/2023 di ruang Dikdas Disdik Gayo Lues.

Serah terima itu dilakukan oleh pihak pertama dari kasi kurikulum, Muhammad Yusuf diserahkan kepada pihak kedua, yaitu kepala sekolah.(*)


Penulis : Baihaki